Bunda PAUD Inhil Hj Zulaikhah Hadiri Rakor Lanjutan Terkait Penyelenggaraan PAUD HI

Inhil (Nadariau.com) – Selaku Bunda PAUD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikhah SSos ME menghadiri rapat koordinasi lanjutan mengenai penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), di Ruang Multimedia Diskominfo PS Kabupaten Inhil, Rabu (11/11/2020).

Rapat ini dilaksanakan secara virtual yang diikuti sebanyak 72 peserta dari 12 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, dengan narasumber dari pusat, Rudiyanto.

Narasumber menjelaskan bahwa PAUD HI adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Penyelenggaraan PAUD HI ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD HI, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Tujuan PAUD HI secara umum adalah terselenggaranya layanan PAUD HI menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Sedangkan secara khusus, tujuannya ialah: (1) terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini; (2) terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada; (3) terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; (4) terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait, yaitu orangtua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan pemerintah daerah.

Layanan PAUD HI meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasa sosial-emosional yang memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas. Selain itu, layanan PAUD HI juga menekankan pada kesehatan dan gizi.

Dikatakan oleh narasumber pula, untuk menyukseskan PAUD HI, Kabupaten/ Kota diinstruksikan membentuk Pokja Bunda PAUD.

Bunda PAUD Kabupaten Inhil mengucapkan terimakasih atas pemaparan dari narasumber. Dirinya mengaku, melalui kegiatan ini, Bunda PAUD Kabupaten mendapat gambaran dan mengetahui tugasnya dalam mewujudkan PAUD HI.

“Setelah ini kami akan mengadakan pertemuan dengan OPD terkait. Setelah menyimak, kami lihat tugas Bunda PAUD semakin berat. Tapi dengan adanya Pokja Bunda PAUD kami ucapkan terimakasih, karena dengan adanya ini mudah-mudahan kami melakukan pekerjaan secara maksimal,” ujar Bunda PAUD yang memiliki segudang prestasi ini.

Menanggapi pernyataan Bunda PAUD Inhil tersebut, narasumber menyebut bahwa Bunda PAUD harus berkoordinasi dan bersinergi dengan OPD terkait yang mengemban tugas dalam PAUD HI ini.

“Namun memang, sebagai sosok figur utama, keberhasilan PAUD HI amat melekat dengan Bunda PAUDnya. Maka Bunda PAUD bisa membentuk tim yang dan membangun koordinasi,” pungkasnya. (adv/rau)