Jelang Libur Panjang, Diskes Riau Siagakan Petugas Medis di Cek Point

Dinas kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU  (Nadariau.com) – Jelang libur panjang diakhir Oktober ini, Pemerintah Propinsi Riau menyiagakan petugas beberapa petugas kesehatan di beberapa posko cek point dekat perbatasan.

Adanya petugas kesehatan di posko posko perbatasan tersebut dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan orang yang akan masuk ke Riau, tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid 19 di negeri Melayu ini.

Petugas keaehatan di posko cek point perbatasan nantinya tergabung di dalam tim yang terdiri Satpol PP, Dinas Perhubungan dan juga TNI – Polri  di empat titik di provinsi Riau.

“Kita siagakan petugas medis di posko cek poin, seperti perawat dan juga dokter. Tenaga kesehatan tersebut akan mengecek kondisi kesehatan orang yang keluar masuk ke Riau,” kata Kepala Dinas kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir, Senin (26/10/2020).

Pada saat pengecekan kesehatan kepada para pelintas, ditemukan gejala gejala klinis terindikasi menderita Covid 19. Maka tim kesehatan yang ada akan mengarahkan untuk menuju fasilitas kesehatan terdekat.

“Untuk mempermudah evakuasi nanti, petugas yang siaga di posko cek point akan berkoordinasi dengan faskes terdekat,” imbuhnya

Saat melakukan perjalanan, masyarakat dihimbau untuk tetap mematuhi 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

“Protokol kesehatan harus diterapkan dimana saja, memakai masker, sering mencuci tangan tangan atau membawa hand Sanitizer dan menjaga jarak, jangan berdesakan di kendaraan, dan jarak jarak saat beristirahat di tempat umum,” tegas Mimi

Di perbatasan Riau, ada empat  posko cek poin yang di dirikan, diantaranya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar. Kecamatan Kuantan Mudik, Kuansing. Kecamatan Bahan Sinembah, Rokan Hilir dan Kecamatan Kemuning, Indragiri Hilir. (Apon)