Satsabhara Polres Kuansing Masuk Kampung Cegah Pencurian Ternak Jelang Idul Adha

Kuansing (Nadariau.com) – Hari Raya Idul Adha 1441 H tepatnya tanggal 31 Juli 2020 sebentar lagi akan tiba. Tentunya bagi kaum muslimin yang akan beribadah dengan berkurban hewan ternak baik itu sapi maupun kambing menginginkan hewan ternaknya terjamin keamanannya dari para pelaku pencurian ternak.

Guna mengantisipasi terjadinya pencurian hewan ternak, Satsabhara Polres Kuansing intens melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan patroli, baik dengan roda 4 maupun roda 2. Khususnya pada malam hari sampai menjelang subuh menyelusuri pelosok kampung, pada tempat atau halaman penyimpanan ternak sapi dan kambing yang dimiliki masyarakat.

Kegiatan preventif tersebut mendapat apresiasi dari pemilik hewan ternak yang setiap tahunnya menjual hewan ternak kepada masyarakat yang akan berkurban.

Anto yang tinggal di Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah saat disinggahi petugas patroli KRYD menghaturkan terima kasih kepada petugas Polri. Karena sudah senantiasa berupaya mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas khususnya pencurian ternak Sapi atau Kambing.

“Kami berharap, hewan ternak kami aman dari tangan pencuri. Apalagi hewan ternak ini sudah dibeli oleh masyarakat yang akan berkurban dan untuk sementara menunggu H-1 hari raya hewan ternak ini dititipkan dikami untuk diberi makan. Kami hanya peternak kecil yang hanya dengan menjual ternak inilah kami memenuhi kebutuhan hidup kami !,” tukas Anto

Kasat Sabhara Polres Kuansing AKP Edi Reinhard yang memimpin kegiatan KRYD menjelaskan, selama pelaksanaan patroli KRYD seluruh petugas terus memantau hal-hal yang mencurigakan. Seperti kemungkinan adanya pengangkutan hewan ternak sapi dan kambing ditengah malam dengan menggunakan mobil box.

“Hal ini demi menjamin bahwa hewan ternak yang diangkut bukan hasil curian,” terang Kasat Sabhara.

Petugas Patroli yang melaksanakan kegiatan KRYD di Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah yang singgah menemui pemilik sekaligus penjual hewan ternak Anto, menghimbau agar hewan ternaknya dimasukkan kedalam kandang dalam keadaan kandang sudah dikunci rapat. Ini sebagai upaya mencegah timbulkan kesempatan para pencuri ternak.

“Kegiatan patroli KRYD khususnya mencegah pencurian hewan ternak ini akan terus kami laksanakan sampai menjelang hari H Idul Adha, sehingga masyarakat merasa aman dan tenang,” terang Kasat Sabhara. (AK)