83 Makalah dari 15 Universitas Dibahas Bersama Gubernur Lemhanas RI di Seminar Nasional PolKras V

Pekanbaru (Nadariau.com) – Seminar Nasional Politik, Birokrasi dan Perubahan Sosial (Polkras V) yang ditaja oleh FISIP UNRI menghadirkan Gubernur Lemhanas RI Letnan Jendral (Purn) Agus Widjojo.

Selain itu juga ada mantan Menteri PAN- RB RI Dr Asman Abnur MSI dipercaya menjadi pemateri dalam seminar tahunan ini.

Dekan FISIP UNRI Dr Syafri Harto MSi mengatakan seminar ini diikuti oleh 15 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai keynote speaker, seminar yang sudah kelima kali digelar ini menghadirkan orang orang yang mempunyai peran penting di Indonesia salah satunya Gubernur Lemhanas RI.

“Untuk bisa berjumpa sama beliau saja, sangat sulit karena kesibukan beliau. Namun, kegigihan panitia, alhamdulillah Gubernur Lemhanas RI bisa memberikan pemikiran dalam bidang politik dan birokrasi di Indonesia,” kata Syafri yang juga menjadi moderator acara tersebut, Kamis (7/11) di Hotel Prime Park.

Selain Gubernur Lemhanas RI, kata Syafri, panitia juga menghadirkan mantan Men PAN- RB Asman Abnur. Sekarang beliau manjadi anggota DPR RI.

Ada juga akademisi Prof Dr Ahmad Nurmandi MSi dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Drs H Syamsuar MSi (Gubernur Riau), Prof Dr Ir H Aras Mulyadi DEA (Rektor UNRI), Drs Irwan Nasir MSi (Bupati Kepulauan Meranti) Drs H Alfendri MSI (Bupati Siak) dan Dr Firdaus ST MT Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Asisten Sekdako.

Dalam seminar ini, ada peningkatan dari tahun sebelumnya baik jumlah peserta dan jumlah universitas.

“Ada 83 makalah yang dibahas. Kita berharap seminar ini akan membangkitkan semangat dosen untuk publikasi ilmiahnya,” kata Syafri.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat membuka Seminar Nasional PolKras V FISIP UNRI sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, selain menjalin silaturahmi juga menambah ilmu pengetahuan dari tokoh tokoh yang berkompeten di bidangnya.

Pemerintah Provinsi Riau seminar Polkras V ini bisa menghasilkan rekomendasi dan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Riau.

“Saya harap hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen bisa memberikan manfaat gagasan, ide bagi kemajuan Pemerintah Provinsi Riau,” kata Edy Natar

Sementara Rektor UNRI Prof Dr Ir H Aras Mulyadi DEA mengatakan seminar ini untuk membahas perkembangan terkini terkait dengan kondisi politik, birokrasi dan perubahan sosial yang ada ditengah masyakarat.

Peserta seminar bisa mengali informasi dari narasumber yang kompeten mulai dari praktisi, akademis dan birokrat. Apa yang disampaikan atau dipaparkan narasumber bisa menambah dinamika perkembangan politik di Indonesia.

“Makanya kita mengundang narasumber yang kompeten dibidang. Saya ingin seminar ada tukar menukar informasi dalam menyusun kebijakan dari hasil riset dan pengalamannya,” kata Rektor.(rls)