DPRD Riau: Pemprov Penting Bangun Pusat Pengelolaan Limbah

DPRD Riau: Pemprov Penting Bangun Pusat Pengelolaan Limbah

Pekanbaru (nadariau.com) – PPemprov Riau penting bangun pusat pengelolaan limbah. Karena banyak memberikan manfaat positif bagi pemerintah, dalam banyak hal.

Seperti, bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), membuka lapangan pekerjaan baru. Kemudian dapat dibangun laboratorium untuk penelitian lingkungan.

“Hingga kini, Pemprov Riau belum memiliki pusat pengelolaan limbah yang baik. Untuk itu kita mendorong Pemprov untuk dapat membangun pengolahan limbah. Jika limbah dikelola dengan baik, maka akan dapat meningkatkan PAD kedepan,” kata Ketua komisi D DPRD Riau, Hardianto, Jum’at (16/06/2017).

Hardianto menjelaskan, terkait anggaran untuk pembangunan sarana instalasi pengelohan dapat diusulkan dalam APBD. Sebab dalam jangka panjang, pusat pengelolaan limbah ini bisa menjadi salah satu sumber PAD yang baik.

Saat melakukan pembangunannya tentu akan memiliki kendala. Seperti sulitnya mencari lahan dan anggarannya terlalu besar. Tetapi menurutnya, hal itu bisa diatasi, apalagi lahan milik Pemprov Riau banyak yang tidak digunakan.

Menurut Hardianto, aset Pemprov sangat banyak. Jadi bisa menghemat anggaran untuk pembelian lahan. Meski lokasinya di kabupaten dengan jarak tempuh satu jam juga tidak masalah, yang penting lahannya tidak dibeli.

Program ini, sebenarnya ada di Dinas LHK. Tetapi untuk pembangunan fisiknya akan dilaksanakan dinas PUPR. Kedepan akan dilakukan pertemuan lagi dengan pihak Dinas LHK dan PUPR untuk melanjutkan pembahasan pembangunan pusat pengelolaan limbah tersebut.

“Terkait studi kelayakan dari pembangunan tersebut, bisa dianggarkan dalam APBD Perubahan 2017. Kalau tidak memungkinkan, maka bisa dianggarkan di APBD Murni 2018, termasuk Detail Engineering Design (DED) dapat dianggarkan dalam satu anggaran,” jelas Hardianto. (ind)