Mencari Solusi Ditengah Kelesuan Ekonomi Siak

Pemkab Siak, terus berusaha mencari solusi jalan keluar ditengah kelesuan ekonomi sekarang.

Siak (nadariau.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, terus berusaha mencari solusi jalan keluar ditengah kelesuan ekonomi sekarang. Agar, perekonomian Siak bisa kembali nomar seperti sebelumnya.

Seperti sekarang, Pemkab Siak telah melakukan rapat internal. Salah satu isu strategis dalam rapat yaitu, bagaimana sinergisitas terus dipupuk supaya pemda dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), di tengah kelesuan kondisi keuangan saat ini.

Dimana dinas terkait harus lebih pro aktif mencari jalan, agar PAD ini bisa meningkat. Sehingga mampu menyeimbangi antara pendapatan dan pengeluaran di APBD Siak 2017.

“Sekarang bagaiman kita lebih bisa memaksimal menggarap sumber PAD di tengah kelesuan ekonomi yang melanda negeri ini. Jika kita lemah maka kita akan semakin terpuruk,” kata Bupati Siak, Syamsuar, Kamis (01/06/2017).

Menurut Syamsuar, masih banyak potensi sumber PAD yang belum tergarap dengan baik, semisal sewa rumah daerah, pemakaian gedung daerah dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), termasuk pembangunan baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Terkait dengan pajak, kami berharap pembayaran wajib pajak itu dapat dilaksanakan setiap bulan. Sehingga ada masukan ke kas daerah setiap harinya meskipun sedikit.

Bukan hanya Pemerintah Kabupaten saja yang berusaha mencari cara untuk meningkatkan PAD, akan tetapi pemerintah kecamatan dan juga pemerintah kampung ambil bagian didalamnya.

“Saya juga meneruskan arahan dari Menteri, yang berguna untuk bekal dalam melaksanakan tugas kedepannya. Dimanabaru baru ini saya baru mengikuti Bimtek bersama Menteri di Jakarta,” jelas Syamsuar. (san)