Operasi Yustisi di Ukui, Kedasaran Protokol Masyarakat Meningkat

Operasi yustisi dan sosialisasi prokes di pasar ukui

PELALAWAN (Nadariau) – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Ukui mendatangi pasar tradisional di kelurahan Ukui, kedatangan korp Bhayangkara tersebut dalam rangka operasi yustisi, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Giat yang dipimpin Kepala Sentra Kepolisian Polsek Ukui Aiptu Edward Panjaitan beserta 3 Personil Polsek Ukui. Minggu (08/11/2020) menyisir beberapa tempat keramaian, diantaranya warung warung warga dan tempat lain yang memungkin banyak orang berkumpul.

“Mengingatkan masyarakat tentang kepatuhan untuk menrapkan protocol kesehatan, sesuai dengan Pergubri No 55 tahun 2020, kemudian Perbup pelalawan No 63 tahun 2020  tentang penegakan hukum dan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.”terang Kapolsek Ukui AKP Rifendi S.Sos.,M.Si, Ahad (8/11/2020)

Dilanjutkan AKP Rifendi, tujuan dari giat yang dilaksanakan akhir pekan ini untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat dalam braktifitas sehari-hari.

“Ini kan hari pasar, banyak masyarakat dari desa desa di Ukui ini datang untuk belanja kebutuhan rumah tangga, agar masyarakat yang datang ramai itu tidak terjangkiti Covid 19, kita beri penjelasan, kita sosialisasikan prokes ini,”lanjutnya

Operasi yustisi yang dilaksanakan oleh pihak kepolisian, lebih mengedepankan pendekatan persuasif, jika ada pelanggaran hanya dikenakan sanksi teguran.

“Ada sanksinya, untuk pertama kita kasih teguran, teguran tertulis atau teguran lisan, namun jika nanti terjaring lagi orang yang sama, yang pernah dapat teguran, maka akan kita kenakan Sanksi tegas, bisa sanksi administrasi maupun sanksi sosial,” terangnya.

Operasi yustisi yang di laksanakan secara berkelanjutan di wilayah hukum Polsek Ukui sudah membuahkan hasil, adanya peningkatan kesedaran masyarakat dalam menerapkan budaya 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Secara keseluruhan masyarakat sudah menyadari akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, ada peningkatan sejak adanya operasi yustisi ini, semoga tidak kesadaran itu menjadi kebiasaan baru yang diterapkan dengan disiplin oleh masyarakat, sudah pakai masker semua,”pungkas AKP Rifendi (Apon)