Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Pemadamkan Karhutla Siang – Malam Lindungi Lahan Warga

Pelalawan (Nadariau.com)  – Dalam rangka mengantisipasi terjadinaya Karhutla dan mencegah meluasnya kebakaran yang sudah terlanjur terjadi maka harus dipadamkan sejak dini. Tindakan pemadaman dini telah dilakukan oleh Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/KPR bekerjasama dengan Polsek, pihak perusahaan dan masyarakat pada kebakaran yang terjadi pada kordinat 0°4’30.68″S 102°21’19.08″E di Lingkungan II Air Kuning, Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan – Riau, Minggu (01/03/2020).

Adapun personel Tim Gabungan pemadaman, Koramil 15/Kuala Kampar wilayah Kerumutan dipimpin Sertu Tamrin Boas, Polsek Kerumutan, RPK PT. GH (Gandaera Hendana) dan dibantu masyarakat Kerumutan.

Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring menjelaskan, menjelang sore hari Tim Patroli Karhutla mengetahui adanya Hot Spot melalui citra satelit pada Aplikasi Lapan Fire Hot Spot, Tim langsung bergerak menuju titik koordinat sesuai Aplikasi, ternyata ditemukan adanya titik api (Fire Spot) masih berukuran relatif kecil setengah Hektar.

Selanjutnya Danramil mengungkapkan Tim dengan sigap langsung melakukan pemadaman menggunakan peralatan portable yang sudah disiapkan seperti Mesin Ministriker. Berhubung karena dilokasi Karhutla minim sumber air maka harus disuplai menggunakan tangki dari perusahaan terdekat PT. GH (Gandaera Hendana).

Seluruh personel bahu membahu melakukan pemadaman agar api tidak meluas ke lahan masyarakat mengingat areal sekitar sudah mulai kering, apabila terlambat penanganan maka api akan cepat meluas dan akan sulit dipadamkan karena suber air yang minim.

Berkat kerja keras Tim Pemadaman dan bantuan dari masyarakat setempat dan pihak perusahaan akhirnya api dapat dipadamkan menjelang malam hari.

Tim Patroli Karhutla juga tetap mengingatkan kepada masyarakat agar mewaapadai musim kemarau dengan disiplin penggunaan api. (*)