SMAN 16 Kejar Materi Pelajaran Dengan Belajar dan Kegiatan Ekskul di Alihkan Sabtu

Pekanbaru (Nadariau.com) – Akibat asap beberapa waktu lalu menyebabkan libur terlalu lama, sehingga berpengaruh terhadap penuntasan meteri pelajaran di sekolah.

Sebagai langkah strategis, SMAN 16 Pekanbaru mengharuskan siswanya masuk sekolah setiap sabtu

“Libur sekolah akibat asap hampir tiga pekan, membuat meteri pelajaran sekolah tertinggal. Biasanya hari sabtu siswa libur. Untuk mengejar ketertinggalan materi, makanya setiap hari sabtu siswa masuk sekolah dan belajar efektif,” kata Kepala SMAN 16 Pekanbaru, Nurizal, belum lama di Pekanbaru

Selama ini, kata Nurizal, siswa SMAN di Pekanbaru belajar senin hingga jumat. Namun, karena untuk mengejar materi pelajaran yang tertinggal, maka setiap sabtu siswa masuk belajar efektif hingga minggu kedua desember.

“Belajar sabtu sampai semester pertama yakni minggu kedua desember,” kata Nurizal

Kesepakatan siswa masuk sekolah ini, kata Nurizal, sudah menjadi kesepakatan bersama antara kepala sekolah, majelis guru dan siswa.

Ini juga merupakan keputusan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kota Pekanbaru yang mengharuskan siswa belajar hari
sabtu.

“Kita juga sudah memberikan informasi kepada orangtua siswa bahwa hari sabtu belajar efektif. Kalau tidak dikejar dengan menambah hari masuk sekolah satiap sabtu, dikwatirkan materi pelajaran tidak akan terkejar,” katanya.

Ditambahkan Nurizal, untuk kegiatan ekskul dilaksanakan hari jumat dan minggu tergantung dari kesepakatan pembina ekskul dengan siswa.

“Biasa kegiatan ekskul banyak dilaksanakan hari sabtu. Karena sabtu digunakan untuk belajar efektif, maka kegiatan ekskul dialihkan dihari minggu dan jumat usai pulang sekolah,” ujar Nurizal. (ind)