Waspada, 5.368 Orang di Riau Terjangkit Virus HIV AIDS

Pekanbaru (Nadariau.com) – Patut diwaspadai, bahwa penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) sangat tinggibdi Provinsi Riau.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, tercatat sepanjang 2018 lalu terdapat sebanyak 2.900 penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan 2.468 penderita Acquired Immune Defeciency Syndrome (AIDS) di Riau.

“Untuk keseluruhan kasus HIV/AIDS di Provinsi Riau sejak tahun 2018 totalnya mencapai 5.368 kasus,” ungkap Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution pada sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba, HIV dan AIDS bagi pemuda/pemudi, di Pustaka Wilayah Soeman HS Riau di Pekanbaru, Senin (7/10/2019).

Wagub mengaku prihatin dengan tingginya penderita HIV AIDS di Provinsi Riau tersebut.

“Ke depan, semoga dengan adanya sosialisasi ini, Provinsi Riau bisa mengatasi masalah narkoba dan HIV/AIDS supaya generasi bangsa kita dapat tetap terpelihara,” ujarnya.

Menurut Wagub, kegiatan itu merupakan momentum yang sangat baik untuk meningkatkan peran dalam penanggulangan narkoba dan HIV/AIDS, terutama bagi pemuda dan pemudi Provinsi Riau.

“Peran serta dan sinergi semua stakeholder dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun lapisan masyarakat tentu menjadi kunci keberhasilan dalam upaya membebaskan pemuda-pemudi penerus bangsa dan terkhususnya Riau dari bahaya narkoba dan HIV/AIDS,” ucap dia.

Saat ini, terang Wagub, peredaran narkoba telah menjadi isu nasional.

“Dimana saat ini Indonesia tidak hanya negara transit saja, tetapi Indonesia sudah berubah menjadi salah satu negara produsen narkoba,” tutupnya. (ind)