Plh Kakan Kemenag Kampar Imbau Seluruh Masyarakat Agar Tetap Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Kampar, (Nadariau.com) – Plh. Kakan Kemenag Kampar H Maswir MA, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kampar agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Imbauan tersebut dikemukakan demi menjaga keutuhan NKRI dengan cara memberikan toleransi terhadap agama lain.

Dikatakan Plh. Kakan Kemenag Kampar, kerukunan antar umat beragama adalah modal paling utama dalam hidup bernegara. Selanjutnya saling menghargai dan bertoleransi dengan agama lain, baik dalam pembangunan rumah ibadah, mau pun kebebasan mereka dalam ibadah.

“Dalam Islam pun mengajarkan bahwa manusia ditakdirkan Allah sebagai mahluk sosial yang membutuhkan hubungan dan interaksi dengan manusia yang lainnya. Sebagai mahluk sosial, manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan materiil maupun kebutuhan spiritualnya,” ungkapnya, Senin (19/8/2019) kepada Nadariau.com.

“Bahkan Islam juga mengajarkan bahwa manusia dianjurkan untuk bekerja sama dan saling tolong menolong dengan sesama manusia dalam hal kebaikan. Dalam kehidupan bermasyarakat umat Islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan-batasan ras, budaya, bangsa, dan bahkan agama, asalkan hal itu tidak merusak Aqidah dan ajaran Agama kita,” tambahnya lagi.

Apalagi menurutnya, saat ini Indonesia sedang merayakan Hari Ulang Tahun yang ke 74 tahun, yang mana seluruh rakyat merayakan, dan semua itu tidak lepas dari kerja sama antar umat beragama (persatuan dan kesatuan). “Mari kita jaga negara yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan susah payah ini, kita cuma penerus bangsa, caranya eratkan persatuan dan kesatuan,” tutupnya.(DW)