Ustad Abdul Somad, Ulama Pertama yang Diberi Gelar oleh LAM Riau

Dengan menggunakan baju adat berwarna putih keemasan Ustad Abdul Somad diapit oleh Dr Mustafa Umar dan kapolda Riau dan diiringi oleh ratusan orang.

[divide]

 

Pekanbaru (Nadariau.com) – Ustad kondang asal Riau Abdul Somad LC Ma menjadi ulama pertama yang menerima pemberian gelar adat oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Demikian disampaikan oleh ketua Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar, saat penebalan gelar adat untuk Abdul Somad yang digelar di Gedung LAM, Selasa (20/02/2018).

 

Baca juga :   DPRD Pekanbaru Minta Pemko Selektif Tunjuk Pemenang Tender Pengangkut Sampah

 

Selama ini LAM Riau hanya memberikan gelar adat bagi kelompok birokrat dan budaya yang berdedikasi tinggi terhadap budaya Melayu.

Ustad Abdul Somad pantas menerima gelar adat ini. Karena telah berperan penting dalam menyiarkan Agama Islam dan memegang teguh adat-istiadat Melayu.

“Bahkan, ia sudah mendunia dan dikenal di mana-mana membawa nama baik Riau yang identik dengan nuansa Agama Islam, gelar adat ini melekat pada diri Abdul Somad,” kata Al Azhar.

Proses pemberian gelar dimulai pukul 09.00 Wib pagi. Dari Jalan Diponegoro dengan menggunakan baju adat berwarna putih keemasan Ustad Abdul Somad diapit oleh Dr Mustafa Umar dan kapolda Riau dan diiringi oleh ratusan orang.

Sekda Prov Riau H Ahmad Hijazi, memberikan Tepung Tawar saat Penganugerahan Gelar Adat Melayu Riau Datuk Seri Ulama Setia Negara kepada Tuan H. Abdul Somad, Lc, MA, di Balai Adat LAM Riau.

Saat tiba di dalam Gedung LAM Riau, Ketua Harian LAM Syahril Abu Bakar membacakan putusan pemberian dan penabalan gelar, dengan memberikan gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara.

“Pemberian dan penabalan gelar untuk Ustad Abdul Somad ini dilakukan dengan tiga tahap perundingan dan pihak pihak di LAM bersepakat tidak ada perbedaan pendapat” ujar abu bakar.

Dalam rangkian pemberian gelar ini Ustad Abdul Somad juga menerima keris dan selempang yang dipasang dihadapan ratusan tamu yang hadir.

Pemberian gelar ini banyak dihadiri oleh pejabat pemerintah Provinsi Riau. Diantaranya Sekdaprov, mantan Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid, mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Syamsuar, Edy Natar dan lain-lain. (wid)