Disdukcapil Berikan Layanan Kependudukan Gratis

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin Ssos
Pekanbaru (nadariau.com) – Dalam rangka program Walikota Pekanbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, bekerjasama dengan camat, lurah RW dan RT mengadakan Rekam KTP-el, Akta Kelahiran dan Akta Kematian gratis bagi masyarakat disetiap kelurahan se-Kota Pekanbaru.
Program administrasi kependudukan gratis ini berlaku seterusnya di Pekanbaru. Sehingga dapat melakukan percepatan pengurusan administrasi kependudukan bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Program gratis ini berlaku bukan saja di Kantor Disdukcapil, namun di UPT Kecamatan dan stand mobile juga gratis.
Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin Ssos menjelaskan sebelumnya Disdukcapil telah membuka stand pengurusan administrasi kependudukan dalam bentuk mobile, di Kecamatan Payung Sekaki belum lama ini.
Tujuannya untuk menunjang program Pemerintah Pekanbaru dalam percepatan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.
Stand tersebut memberikan layanan administrasi kependudukan secara gratis. Seperti pengurusan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan adminitrasi kependudukan lainnya.
Sementara layanan Disdukcapil Mobile ini adalah program tahunan Disdukcapil, yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus segala hal yang menyangkut administrasi kependudukan.
“Sekarang ini, ada pembukaan masuk murid baru. Akte kelahiran itu pasti dibutuhkan. Jadi dengan adanya layanan kita masyarakat tidak repot lagi pergi jauh-jauh ke kantor Disdukcapil. Cukup di kantor kecamatan saja mereka sudah bisa mendapatkan layanan tersebut,” papar Baharuddin.
Sementara itu, Camat Payung Sekaki, Zarman Chandra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pekanbaru yang telah membuka stand layanan mobile di wilayahnya. Stand yang diadakan ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat.
“Terima kasih, ini layanan yang paling ditunggu-tunggu oleh warga di kecamatan Payung Sekaki. Diharapkan kedepan layanan ini terus ditingkatkan dan bisa mengakomodir seluruh layanan administrasi kependudukan,” ujar Zarman.
Disebutkan Zarman  pihaknya telah menginformasikan kepada tujuh kelurahan yang ada Kecamatan Payung Sekaki bahwa  ada layanan mobile gratis dari Disdukcapil.
“Alhamdulillah, animo masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya cukup ramai, tercatat baru pukul 10 sudah ada puluhan warga yang mengajukan berkas ke stand Disdukcapil,” papar Zarman.
Salah sorang warga Kecamatan Payung Sekaki, Dewi mengungkapkan bahwa layanan ini sangat bagus dan efisien. Karena tidak merepotkan warga lagi, sehingga apa keperluan masyarakat yang menggurus administrasi cepat selesainya.
“Ini bagus, kalau bisa layanan ini dibuka setiap hari. Sehingga seluruh layanan kependudukan yang urus bisa diproses lebih baik,” ungkapnya. (adv-Disdukcapil/Kominfo)