Bupati Pelalawan Minta BPD Kontrol Kinerja Kades

Bupati Pelalawan HM Harris

Pelalawan (Nadariau.com) –  Bupati Pelalawan HM Harris meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat mengontrol kinerja kepala desa (kades) dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala pemerintahan desa. Soalnya, BPD cukup vital dalam  mengambil kebijakan penyelenggaraan pemerintahan Desa.

“Untuk itu, saya meminta para BPD dapat mengontrol kinerja para kades dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala pemerintahan desa. Dan saya juga mengharapkan agar para BPD dan kades harus dapat sejalan untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dengan menyampingkan kepentingan pribadi maupun kelompok. Dengan demikian, pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa dapat berjalan lancar. Saya juga mengharapkan agar para BPD dapat lebih kreatif dalam menggali segala potensi desa. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Pasalnya, keberadaan BPD sangat strategis karena turut bertanggung jawab dalam merumuskan program pembangunan desa pada segala sektor di desa masing-masing. Jadi, berikan kemampuan terbaik yang dimiliki untuk mempercepat proses dan peningkatan keberhasilan pembangunan Kabupaten Pelalawan khususnya ditingkat desa masing-masing para BPD,” terang Bupati Pelalawan HM Harris kepada media ini, Senin (06/02/2017).

Dalam melakukan pengawasan dan kontrol kepada kades, Harris juga mengingatkan BPD jangan terkesan mencari-cari kesalahan kebijakan dan program kades. Karena hal itu bisa menghambat pelaksanaan pembangunan di desa. Seandainya memang ada hal-hal yang melenceng dari kades dan aparatnya, maka BPD bisa menegur dan memanggil kepala desa untuk diminta klarifikasi. Dan langkah ini lebih terpuji dan elegan, daripada memusuhi kades serta membuat isu-isu negatif dan provokatif di masyarakat.

“Sebaliknya, saya juga meminta kepada para kades bisa bekerjasama dengan BPD. Jadi, jangan mengedepankan ego pribadi dan kelompok. Karena, pembangunan desa ini harus dilakukan secara bersama-sama, mulai dari perencanaan harus melalui BPD, hingga pelaksanaan dan penggunaanya juga harus melibatkan BPD,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Bupati, kesempatan untuk pembangunan ditingkat pedesaan seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Bahkan telah dibuka selebar-lebarnya oleh Pemkab Pelalawan bagi masyarakat. Dan berbagai program terus dilakukan demi kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya ditingkat desa.

“Dan Pemkab tentunya terus mendukung penuh percepatan pembangunan di tengah-tengah masyarakat pedesaan. Untuk itu, berbagai anggaran dari seluruh Organinasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pelalawan, berorientasi menfokuskan program pembangunan untuk masyarakat 12 kecamatan Kabupaten Pelalawan yang telah termaktub dalam 7 program unggulan Pemkab Pelalawan. Dan program-program yang telah dicanangkan Pemkab Pelalawan ini, semuanya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten yang memiliki motto Tuah Negeri Seiya Sekata ini,” ulas Bupati. (rsn)