UMRI Terapkan P2KK

UMRI akan terus membina kepemimpinan dasar mahasiswa supaya bisa menjadi pememimpin dalam setiap kegiatan.

Majukan Ilmu Pengetahuan Mahasiswa

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sebagai perguruan tinggi berkembang, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) terus membuat terobosan-terobosan baru untuk memajukan ilmu pengetahuan mahasiswa dan membentuk kader memiliki jiwa kepemimpinan yang Islami.

Sehingga lulusan UMRI bisa menjadi kader yang militan. Dimana mereka bisa menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangannya. Mampu menjadi pemimpin yang berakhlak mulia dan menjadi panutan dikeluarga, lingkungan serta nusa bangsa.

“Sebagai dasar, Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) UMRI telah membuat Program Pembinaan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK). Program ini baru dimulai tahun ajaran 2016/2017. Program ini merupakan bentuk terobosan baru UMRI dalam pengembangan studi,” kata Rektor UMRI Dr H Mubarak Msi, di Masjid Baitul Hikmah, Kampus II UMRI, Jalan Tuanku Tambusai, Jumat (27/01/2017).

Ketua LSIK UMRI, Jakiman menjelaskan, program P2KK merupakan tanggungjawab UMRI dalam mengimplementasikan tujuan Muhammadiyah dalam menciptakan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Untuk itu, UMRI akan membina kepemimpinan  dasar mahasiswa supaya bisa menjadi pemimpin dalam setiap kegiatan. paling sekurang kurangnya mampu memimpin rapat, organisasi dan bangsa kedepan.

Materi yang diajarkan selama mengikuti program P2KK, diantaranya, peserta melakukan Sholat Tahajud, Dhuha, dan baca Al Quran. Kemudian ditambah materi lain tentang kepribadian dan kepemimpinan.

Jakiman menegaskan, program ini tidak bisa diajarkan secara mendetail di dalam kelas. Untuk itu, P2KK dijadikan non SKS, tetapi wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Jadi berbahagialah peserta yang bisa mengkuti program tersebut.

“Untuk tahap awal kita akan melaksanakan program P2kk mulai tanggal 26 Januari sampai 4 Februari. Kedepan, program ini akan dilanjutkan kembali sesuai dengan jadwal ditetapkan. Karena program ini sudah ditetapkan di UMRI untuk dilaksanakan secara berkelanjutan,” jelas Jakiman.

Launching P2KK dibuka oleh Wakil Rektor I UMRI dr Taswin Yacob SpS dan turut dihadiri oleh Ketua PWM Riau Drs H Wan Abubakar MSi, Dekan dan dosen dilingkup UMRI, serta 400 mahasiswa baru yang tergabung dalam termen pertama P2KK. (ind)