Senin, Juli 15, 2024
BerandaHeadlineKipan Apresiasi Unjuk Rasa BEM STIE di Kantor Bea Cukai Riau

Kipan Apresiasi Unjuk Rasa BEM STIE di Kantor Bea Cukai Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Kipan) Provinsi Riau mengapresiasi unjuk rasa yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiwa Sekolah Tinggi Ilmu Ekomi (BEM STIE) Riau di Kantor Bea Cukai Provinsi Riau, pada Kamis, 4 Juli 2024 kemarin.

Aksi tersebut merupakan aksi Jilid II yang dilaksanakan oleh BEM STIE di Kantor Bea Cukai Provinsi Riau, setelah sebelumnya melaksanakan aksi yang sama (Jilid I) terkait dugaan ekspor impor ilegal di Panipahan Rokan Hilir (Rohil) yang menjadi pengawasan Bea Cukai Dumai Provinsi Riau.

“Kami apresiasi unjuk rasa teman-teman BEM STIE di Bea Cukai Provinsi Riau. Dan kami menilai ini penting untuk terus disuarakan mengingat areal tersebut merupakan areal strategis yang diduga menjadi pintu masuk barang ilegal atau terlarang,” ujar Ketua Kipan Riau P Mahardika, Rabu (10/7/2024).

Kipan Riau sebagai salah satu organisasi binaan kementrian menilai bahwa berdasarkan hasil kajian tim hukum Kipan, daerah tersebut diduga tidak hanya dimanfaatkan untuk ekspor impor ilegal, namun juga ada dugaan sebagai tempat masuknya narkoba dari negara tetangga yang diduga Malaysia.

“Kita menduga modus operandi yang digunakan adalah menggunakan kapal-kapal kayu yang juga digunakan untuk ekspor impor ilegal. Jika Sembako saja bisa lolos bagaimana dengan narkoba yang membutuhkan kehati-hatian ekstra dalam pengirimannya,” ujar Mahardika.

Ketua Kipan Riau menilai bahwa ini merupakan keresahan masyarakat yang ditangkap teman-teman BEM. Dan diduga penyebabnya adalah lemahnya pengawasan Bea Cukai yang bertanggungjawab di daerah perairan tersebut yaitu Bea Cukai Dumai.

“Kawan-kawan BEM menangkap kasus ini sebagai keresahan masyarakat yang harus disuarakan. Kami juga perlu menyampaikan dugaan bahwa selain dugaan ekspor impor ilegal, disana juga diduga menjadi pintu masuk narkoba. Kami menilai sangat lemah sekali pengawasan Bea Cukai Dumai. Dan kami berharap Bea Cukai Riau segera evaluasi atau pecat Kepala Bea Cukai Dumai” tutup Ketua Kipan Riau. (olo)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer