Kamis, April 25, 2024
BerandaHeadlinePastikan Pendistribusian BBM Aman, Satreskrim Polresta Pekanbaru Kembali Sidak SPBU

Pastikan Pendistribusian BBM Aman, Satreskrim Polresta Pekanbaru Kembali Sidak SPBU

Pekanbaru (Nadariau.com) – Guna memastikan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) aman dan lancar Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Satreskrim Polresta Pekanbaru kembali melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah SPBU yang ada di Kota Pekanbaru.

Kali ini SPBU yang berada di Jalan Siak II tepatnya di bundaran tugu Bank Indonesia, Kota Pekanbaru yang menjadi sasaran sidak tim Unit Tipidter Satreskrim Polresta Pekanbaru, Selasa (02/04/2024) siang.

Dalam sidak tersebut tim yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra didampingi Kanit Tipidter IPTU Budi Winarko, Perwakilan Disperindag serta perwakilan pihak Pertamina Pemasaran Kota Pekanbaru, memeriksa takaran BBM di setiap mesin pengisian. Hasilnya, semua mesin di SPBU tersebut dinyatakan aman dan akurat

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra mengatakan, hari ini merupakan hari ke lima pihaknya melakukan sidak di sejumlah SPBU di Kota Pekanbaru.

“Hari ini sudah hari kelima kita melakukan pengecekan terkait permasalahan BBM di sejumlah SPBU di Kota Pekanbaru, diantaranya mengecek ketersediaan BBM jenis Bio Solar, Dexlite, Pertalite serta Pertamax turbo yang ada di SPBU. Kita juga melakukan pengecekan tangki besar BBM jenis solar, Dexlite, Pertalite dan Pertamax turbo, apakah sesuai standar atau tidak,” kata Kompol Bery kepada wartawan usai melakukan sidak.

Kasat menjelaskan, pengecekan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan keakuratan takaran pengisian (metrologi) di SPBU, sehingga masyarakat tidak dirugikan saat mengisi BBM.

“Selain itu kami juga menghimbau kepada pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen dan masyarakat serta laksanakan operasional SPBU sesuai dengan aturan,” kata Kasat.

Kesat menambahkan, sebelumnya pihak Satreskrim Polresta Pekanbaru telah melakukan sidak di SPBU Jalan Riau, SM Amin, Jalan Arifin Ahmad, Jalan Soekarno Hatta dan di Jalan Riau Ujung.

“Dalam sidak tersebut kita tidak menemukan indikasi kecurangan baik dari segi tera maupun kadar BBM. Semua normal, baik tera maupun kadarnya. Begitu juga Ketersediaan BBM juga cukup dan masih aman jelang arus mudik lebaran,” kata Kompol Bery.

Sementara itu, Erwin, Asisten Brand Manager Pertamina Pemasaran Pekanbaru mengatakan, untuk menjamin ketersedian stok BBM, Pertamina telah membentuk satgas Ketahanan Stok di sejumlah SPBU, terutama di wilayah perbatasan.

“Kantong-kantong BBM itu kita siapkan mobil tangki yang standby dan ketahanan stok di SPBU tetap diusahakan terkendali.

Dia menjelaskan, ketahanan stok tersebut dipersiapkan untuk 6 hingga 9 hari jelang mudik lebaran, sehingga jumlah BBM mencukupi kebutuhan pemudik.

“Dengan antisipasi ini seharusnya stok aman kedepannya. Karena kita H-7 dan H+7 masih masuk dalam program ketahanan stok Satgas,” kata Erwin.(sony)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer