Mahasiswa Siap Laporkan Dugaan Korupsi Dana Desa Bukit Betung ke Kejati dan Polda

Pekanbaru (Nadariau.com) – Forum mahasiswa pengamat Korupsi Riau (FMPK-R) siap melaporkan dugaan korupsi dana desa Desa Bukit Betung Kecamatan Kampar Kiri, Kampar ke Kejati dan Polda Riau.

“Hari ini kami sudah rapat dan melengkapi berkas – berkas yang akan dijadikan bukti kepada penegak hukum. Dan Alhamdulilah berkas itu telah dilengkapi. Sementara, karena keterbatasan waktu hari Jumat, maka pelaporan akan dilakukan pada Senin besok,” kata Akas Virmandi selaku Ketua FMPK-R, Jumat (25/11/2022).

Lanjut Akas, permainan anggaran desa oleh Kades Bukit Betung ini sudah berlangsung lama. Namun tidak ada warga yang berani melaporkan sang kepala desa ke penegak hukum. Untuk itu mahasiswa dari FMPK-R siap sebagai garda terdepan untuk melaporkan permainan Kades tersebut.

Selain itu, selama ini Kades dalam menjalankan kegiatan fisik diduga memakai pihak ke tiga. Seharusnya, dalam pengerjaan proyek tersebut harus melibatkan masyarakat. Namun kenyataan, tiduga tidak melibatkan masyarakat tempatan.

Hal ini tentu telah merugikan masyarakat. Karena seharusnya program fisik di desa dikerjakan bersama – sama oleh masyarakat. Agar ekonomi masyarakat ikut bergerak, apalagi saat situasi pandemi Covid-19 lalu. Dan kebijakan itu juga sesuai arahan presiden untuk melibatkan masyarakat disetiap pekerjaan yang dilakukan dengan swakelola.

“Kami berharap, setelah kami membuat laporan di Kejati dan Polda Riau, pihak desa dan pihak terkait segera di panggil dan di periksa. Namun apabila laporan kami tidak ditindak lanjuti oleh penegak hukum, maka kami pastikan akan menggelar aksi di Kantor Kejati maupun Polda Riau,” tegas Akas. (olo)

 18 total views