Ikatan Putra Putri Indonesia Riau akan Kawal Mutasi Jabatan Pejabat Kampar

Kampar (Nadariau.com) – Ketua Ikatan Putra Putri Indonesia Riau, Ahmad menegaskan akan mengawal rencana mutasi dilingkup Pemkab Kampar. Berdasarkan informasi beredar, mutasi ini akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

“Kita akan mengawal proses mutasi yang akan dilaksanakan akhir tahun ini. Karena kami tidak ingin ada praktik jual beli jabatan, dilingkungan Pemkab Kampar. Evaluasi, mutasi serta promosi harus berdasarkan kualifikasi, kemapuan kinerja, disiplin dan lain-lain,” kata Ahmad, Jumat (25/11/2022).

Ahmad menjelaskan, menjelang akhir tahun ini ada beberapa pejabat eselon II, III dan IV memasuki masa pensiun. Hingga saat ini masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Padahal dalam manajemen demokrasi, tidak boleh ada kekosongan jabatan. Supaya tidak menimbulkan kepincangan dalam pelayanan dan pengambilan kebijakan.

Misalnya di dinas Disdukcapil, ada sekitar 8 orang kekosongan jabatan yang sangat lama. Seperti untuk jabatan Sekretaris, Kabid, Kasubag dan Kasi. Seharusnya hal ini harus menjadi perhatian kepala daerah supaya bisa segera melaporkan ke Kementrian.

“Kekosongan ini juga terjadi di beberapa OPD. Untuk itu, semua komponen harus bisa turut serta mengawasi kinerja Pemkab Kampar, supaya tidak ada kepincangan roda pemerintahan dan tidak ada jual beli jabatan,” teras Ahmad.

Sementara ditempat terpisah, Plt BKD Pemkab Kampar Azwan menjelaskan, tahun ini dan awal tahun depan, ada 6 pejabat eselon II yang pensiun. Kemudian, jabatan Sekda juga akan di evaluasi, karena sudah menjabat 5 tahun.

Untuk penetapan jabatan bagi pejabat tinggi pratama (Eselon II), saat ini masih dalam proses izin untuk seleksi. Nanti setelah proses ini selesai, tahun ini juga baru akan diajukan izin untuk mengisi jabatan – jabatan yang kosong.

“Selain pejabat eselon II, III dan beberapa jabatan eselon IV juga banyak yang kosong. Untuk itu, kita sekarang sedang dalam tahap seleksi. Setelah itu baru dilakukan penetapan pejabat,” kata Azwan. (raj)

 20 total views