Piala AFF U-16 2022 di Menangkan Timnas Indonesia Usai Kalahkan Vetnam

Jakarta, Nadariau Com – Timnas U-16 Indonesia meraih kemenangan dalam laga final Piala AFF U-16 2022. Bersua Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) malam, skuad Garuda Asia menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Indonesia di laga ini dicetak oleh Kafiatur Rizky (45+1’0 untuk Indonesia. Akhirnya, setelah 2018, skuad Garuda Asia kembali memenangi gelar Piala AFF U-16.

Sejak awal, Timnas U-16 Indonesia tampil menekan. Lewat para pemain macam Arkhan Kaka, Nabil Asyura, dan Achmad Zidan, mereka menekan lini pertahanan Vietnam sedemikian rupa. Mereka tidak membiarkan Vietnan mengembangkan permainan.

Di sisi lain, pertahanan Vietnam yang dikawal oleh Vi Dinh Thuong juga sulit dibobol oleh lini serang Indonesia. Mereka menerapkan skema pertahanan yang rapi, sehingga membuat para pemain skuad Garuda Asia kesulitan menembus kotak penalti.

Sepanjang laga, Timnas U-16 menekan lini pertahanan Vietnam. Para pemain depan Indonesia, yakni Nabil Asyura, Arkhan Kaka, ditopang juga oleh Kafiatur Rizky dan Figo Dennis, menekan lini pertahanan Indonesia sedemikian rupa.

Namun, upaya mereka sempat menemukan kebuntuan. Sebab, lini pertahanan Vietnam yang ditopang oleh Vi Dinh Thuang mengatur lini pertahanan sedemikian rupa. Alhasil, para pemain skuad Garuda kesulitan masuk kotak penalti Vietnam.

Meski begitu, seiring babak pertama berjalan, skuad Garuda mulai membobol pertahanan Vietnam. Mereka mendistribusikan bola semakin cepat, membuat lini pertahanan Vietnam kesulitan. Alhasil, gol pun datang untuk Timnas U-16 di menit 45+1.

Lewat sebuah pergerakan di sisi kiri pertahanan Vietnam, Indonesia melepaskan serangan berbahaya. Kafiatur Rizky yang menerima bola di kotak penalti lawan, melepaskan sepakan melengkung yang gagal diantisipasi pertahanan Vietnam.

Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Indonesia, dan skor ini bertahan sampai babak pertama tuntas. Selepas babak pertama, skuad Garuda Asia masih memberikan tekanan ketat ke lini pertahanan Vietnam.

Tampak. para pemain Timnas U-16 tidak membiarkan Vietnam menguasai permainan sedemikian rupa. Di sisi lain, Vietnam mulai melakukan beberapa penyesuaian untuk membobol pertahanan Indonesia. Mereka memasukkan beberapa pemain baru.

Namun, para pemain baru yang dimasukkan ini tidak memberikan efek berarti bagi Vietnam. Mereka masih kesulitan membobol pertahanan Timnas U-16 Indonesia. Di sisi lain, Timnas U-16 pun mampu memeragakan permainan yang apik.

Dimotori oleh Iqbal Dwijangge, skuad Timnas U-16 mampu meredam lini serang Vietnam dengan ciamik. Mereka membendung lini pertahanan Vietnam dengan apik, dan tidak membiarkan Vietnam nencetak angka.

Hingga babak kedua tuntas, skuad Timnas U-16 mampu mempertahankan keunggulan mereka. Skor 1-0 bertahan sampai babak kedua usai, skuad Garuda Asia mempertahankan keunggulan. Indonesia pun menjuarai Piala AFF U-16 2022.

(IDN Times / Nec)***

 110 total views