Unilak dan Baznas Riau Seleksi Peserta Program Beasiswa Pesantren

Proses seleksi beasiswa pesantren mahasiswa Unilak (Ist)

Pekanbaru (Nadariau.com) – Baznas Provinsi Riau bersama Universitas Lancang Kuning (Unilak) melaksanakan program Beasiswa Pesantren Mahasiswa Unilak (PMU).

Pada kegiatan tahun kedua ini sebanyak 60 peserta mengikuti seleksi calon mahasiswa. Seleksi PMU digelar di Ruang Bahasa Unilak, pada Selasa, (5/10/2021) kemarin.

Saat pelaksanaan seleksi beasiswa, Rektor Unilak Dr Junaidi tampak memantau,  sejumlah peserta mengikuti tes hafalan Al Quran dari dosen Unilak.

Sementara, Direktur PMU, Kurniawan mengatakan, 60 peserta yang mengikuti program tersebut, berasal dari kabupaten dan kota di Riau.

“Alhamdulillah peminatnya banyak. Proses seleksi dibagi dua gelombang, saat gelombang pertama ada yang hafal 30 juz. Kuota yang diterima 40 orang. Mereka [peserta PMU] tidak hanya berasal dari pesantren namun juga ada dari sekolah umum, SMA,SMK/MI, diantara syaratnya adalah hafalan Al Quran,” ujar Kurniawan, Selasa (6/10) sore.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, 40 peserta yang diterima akan mendapatkan beasiswa sampai tamat/8 semester.

“Tempat tinggal dan kebutuhan harian ditanggung dan tinggal di asrama, persis kayak di pondok pesantren,” ujar Kurniawan.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr Junaidi mengucapkan terimakasih kepada Baznas provinsi Riau yang kembali mempercayakan Unilak dalam program Pesantren mahasiswa.

Selain belajar pengetahuan akademik di lingkungan kampus, imbuh Junaidi, peserta yang lolos program ini juga diajarkan ilmu agama.

“Tahun ini ada penambahan kuotanya untuk 40 peserta. Program ini sejalan dengan 7 nilai Unilak satu diantaranya nilai Religius,” ujar Dr Junaidi. (mcr)