BIN Daerah Riau Capai Target Seratus Persen Vaksinasi Pelajar di Ponpes Darul Muqomah

Riau (Nadariau.com)- Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Riau berhasil mencapai target seratus persen vaksinasi untuk pelajar di Pondok Pesantren Darul Muqomah Provinsi Riau.

Seperti diungkapkan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muqomah, Ustaz Meydi, ratusan orang santri berhasil divaksin pada Kamis (23/9/2021).

“Sejauh ini hanya BIN yang melaksanakan vaksinasi di pondok pesantren kami, alhamdulillah seluruh siswa kami bisa divaksin berkat kedatangan BIN Riau,” kata Meydi.

Lebih lanjut Meydi berujar, kehadiran BIN selama dua hari di pesantren yang ia pimpin bahkan sangat mengedukasi para santri terkait pentingnya vaksinasi.

“Sangat mengedukasi, kami mohon maaf jika ada perlakuan yang kurang berkenan selama dua hari pihak BIN berkunjung ke Ponpes kami,” sebutnya.

Pihaknya berharap kedepannya bisa membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di Riau.

Di sisi lain, perwakilan santri Amanda Febiola menginginkan agar vaksin di Riau bisa ditambah lebih banyak lagi.

“Saya mewakili santri agar vaksin di Riau dikirim lebih banyak lagi, supaya seluruh siswa di Riau bisa belajar tatap muka,” cetus Amanda.

Sementara Kabinda Riau, Brigjen TNI Amino Setya Budi mengemukakan vaksinasi massal oleh Binda Riau adalah salah satu perintah Ka BIN untuk mendukung program nasional dalam rangka mewujudkan kekebalan komunal.

“Atas dasar itulah, vaksinasi massal dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan di seluruh Riau yakni 12 Kabupaten/Kota,” ulas Kabinda Riau.

Kabinda Riau mengajak para orang tua untuk melindungi seluruh keluarga dari Covid-19, salah satunya dengan mendapatkan vaksin bagi seluruh keluarga, tidak hanya orang tua melainkan juga anak-anak.

“Pandemi Covid-19 harus dihadapi dengan pertahanan yang kuat, vaksin untuk anak-anak akan membantu melindungi anak-anak pasca kebijakan pembelajaran Tatap Muka diberlakukan di wilayah Provinsi Riau,” imbuh Kabinda.

Tidak hanya prioritas pada anak-anak, BIN Daerah Riau juga menitikberatkan vaksinasi kepada kalangan masyarakat umum khususnya kelompok umur lansia yang sudah tidak kuat secara fisik untuk mengantri vaksin di Puskesmas.

Kegiatan vaksinasi massal secara door to door dilakukan kepada keluarga yang mempunyai lansia di rumahnya melalui pendataan pemerintah setingkat RT/RW, hal ini dinilai efektif apabila seluruh keluarga mendapat vaksin maka potensi terpapar Covid-19 dapat diminimalisir.

“Hari ini juga diadakan live streaming pelajar santri Riau dengan Presiden Jokowi yang juga meninjau langsung vaksinasi massal di Jawa Tengah. Kegiatan Pelajar sapa Presiden berada di Ponpes Muqomah Yayasan Alhasanah Riau dan SMA Kalam Kudus Riau,” beber Kabinda Riau.

Dua lokasi streaming dengan Presiden, BIN Daerah Riau juga melaksanakan vaksinasi massal untuk pelajar, santri dan masyarakat umum secara door to door di 12 Kabupaten/Kota wilayah Provinsi Riau, dengan rincian target diantaranya 3500 untuk santri, 3500 untuk pelajar, 4000 untuk masyarakat umum.

“BIN Daerah Riau dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik perkotaan, pedesaan, termasuk daerah perbatasan Pulau Terluar Provinsi Riau,” tutupnya (DW)