PPKM Turun Level, Masyarakat Diminta Tetap Patuh Prokes

Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU (Nadariau) – Kota Pekanbaru yang sebelumnya dinyatakan sebagai status level 4 dalam penerapan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun setelah adanya penurunan kasus harian positif COVID-19 di Kabupaten Kota se Riau, berpedoman pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), sesuai dengan status yang telah ditetapkan. Maka status level 4 di Riau sudah turun terutama Kota Pekanbaru

“Alhamdulillah status level 4 di Riau sudah turun terutama Kota Pekanbaru,” terang Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir, Senin (6/9).

Dilanjutkan Mimi, angka kasus positif Covid 19 melandai berada di bawah 300 kasus. Begitu juga dengan positive rate di Riau juga mengalami penurunan mencapai 6 persen

Meski melandai, Pemerintah pusat telah mengumumkan perpanjangan status penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 hingga 4 mulai tanggal 7-20 September 2021.

“Penerapan PPKM diperpanjang sampai 20 September,”lanjutnya

Diperpanjangnya penerapan PPKM, masyarakat diminta untuk ikut serta dalam upaya mempertahankan penurunan angka kasus positif COVID-19 di Riau. Caranya dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak ada cara lain untuk menurunkan kasus Covid 19 selain menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, hindari kerumunan, selalu mencuci tangan, itulah upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid 19, jika tidak ingin terpapar maka taat prokes,” tukas  Mimi.

Pemprov Riau berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak lengah dengan penurunan status level PPKM ini, untuk itu masyarakat diminta tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Pertahankan penurunan kasus ini, inikan bagus masyarakat bisa beraktifitas dengan tetap mematuhi prokes,” pungkasnya (Apon)