Pengprov ESI Riau Gelar Seleksi Pra PON XX Papua

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pengurus Provinsi E-Sport Indonesia (ESI) Riau, menggelar seleksi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua.

Seleksi ini akan berlangsung hingga 14 September, dipusatkan di Persada Studio, Jalan Mekar Sari, Kelurahan Tangkerang, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa, (7/9/2021)

Ketua Pengprov ESI Riau, Brigjen TNI Amino Setya Budi SE diwakili Ketua Harian, Sigit Haryono mengungkapkan, PON akan dilaksanakan di Papua beberapa minggu lagi.

“Ini adalah momentum yang sangat berharga dan akan dikenang sepanjang masa. Karena didalamnya ada pertandingan eksebisi dan pertandingan persahabatan,” kata Sigit saat memberikan sambutan.

Keputusan Pengurus Besar (PB) Esport Indonesia (ESI), ada 4 games yang akan dieksibisikan dan 1 game merupakan pertandingan persahabatan.

Disebutkannya, satu game pertandingan persahabatan dengan memainkan game produksi anak bangsa, yakni Lokapala.

Sementara itu 4 games yang hendak dieksebisikan adalah Mobile Legend Bang Bang, Free Fire, PUBG Mobile dan Professional Evolution Soccer (PES) dengan perangkat Play Station (PS4).

“Malam tadi, 6 September 2021, dua orang atlet kita di game Profesional Evolution Soccer (PES) yang dimainkan online menggunakan perangkat Play Station (PS4), Hasbi dan Rio terpaksa takluk dari tim Maluku,” imbuhnya.

Sebelumnya, Hasbi sempat memenangkan game pertama dengan skor 5-0, harus menerima kondisi kalah, setelah mengalami disconnection (DC) beberapa kali.

“Namun, begitulah pertandingan online. Kita harus mampu menerima kekalahan, meskipun tidak kita senangi,” jelas Sigit.

Sigit mengimbau agar para atlet tetap menunjung tinggi sportifitas dengan nilai-nilai dan semangat juang yang bersih dari tindakan mengumpat. Menyalahkan orang lain, memaki, bahkan melontarkan kata-kata rasis.

Pertandingan Pra PON XX, atlet ini sudah mengikuti kualifikasi Pra PON yang dimulai sejak minggu lalu.

Untuk game Mobile Legend, yang penyisihannya dimulai sejak tanggal 28 Agustus 2021. Sekarang ESI Pekanbaru VOXA telah mengumumkan sebagai juara pertama dan berhak mewakili Provinsi Riau untuk mengikuti Pra PON XX pada tanggal 9 September 2021 besok,” ulasnya lagi.

Disisi lain, Hyper ESI Pekanbaru juga memperoleh juara 1 dalam kualifikasi Free Fire, berhak mewakili Riau untuk Pra PON XX yang akan dilaksanakan 12 September mendatang.

Selanjutnya, Hyper ESI Pekanbaru dapat dikatakan tim yang berisikan players dari beberapa kabupaten/kota di Riau. Seperti Pekanbaru, Kampar, Kuansing dan Bengkalis.

“Nah, dengan beraneka ragam asal players games yang dimainkan oleh generasi muda kita ini, menandakan bahwa potensi dan bakat mereka dapat menyatukan pergaulan, sifat bahkan sikap,” tutupnya. (dw)