SLS, Melawan Covid 19 Dalam Vaksin Goro

Sekdakab H. Tengku Mukhlis bersama Wakapolres Pelalawan Kompol Raden Edi Sahputra, S.Ag saat meninjau pelaksanaan vaksinasi gotong royong di PT. Sari Lembah Subur

PELALAWAN (Nadariau) – Sejak Senin (2/8/2021) pagi, para pekerja, pegawai dan staff PT. Sari Lembah Subur berbondong bondong menuju tempat pelaksanan vaksinasi goro royong yang diadakan oleh perusahaan perkebunan sawit anak perusahaan Astra Group.  Peserta vaksin tampak antusias mengikuti semua tahapan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan selama empat hari sampai Kamis (5/8/2021) dan diperkirakan akan ada 1.550 orang peserta yang akan divaksinasi oleh petugas kesehatan dari Biofarma.

Salah seorang pekerja, Affandi (37) merasa bersyukur dapat di vaksin, menurutnya keinginan di vaksin sudah terpendam di hatinya, ketakutannya akan massifnya penyebaran Covid 19 sekarang ini membuatnya tidak berpikir panjang untuk bergabung dengan para pekerja lain mendatangi tempoat vaksinasi Covid 19 di areal kantor perusahaan.

“Saya senang akhirnya bisa di vaksin, kan kalau sudah di vaksin badan kita jadi kuat melawan Covid 19, saya tidak sabar menunggu 21 hari untuk vaksin ke dua,” terang Affandi

Ditambahkannya, walaupun sudah di vaksin dirinya akan tetap memakai masker dan protokol kesehatan lain untuk selalu waspada terhadap ancaman virus yang tak kasat mata tersebut.

“Saya dan keluarga saya tetap memakai masker, menjaga jarak, itu harus,”tambahnya

Terlaksananya kegiatan vaksinasi gorong royong bagi karyawan di lingkungan PT Sari Lembah Subur ini sebagai komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah. Salah satunya turut dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan dengan melaksanakan vaksinasi gotong royong untuk para karyawannya.

Dengan dilaksanakannya vaksinasi gotong royong tersebut, PT. SLS merupakan perusahaan ke tiga di Kabupaten Pelalawan yang melaksanakan vaksinasi gotong royong, setelah PT. RAPP dan PT. Serikat Putra.

Di hari ketiga pelaksanaan vaksinasi gotong royong di PT. SLS, pada Rabu (4/8/2021), dihadiri oleh Sekdakab Pelalawan Drs. H. Tengku Muhklis, Wakapolres Pelalawan Kompol Raden Edi Sahputra, S.Ag, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pelalawan dan beberapa anggota, serta beberapa kepala OPD di Pemkab Pelalawan.

Manager PT. Sari Lembah Subur (SLS) Tapianus Nainggolan mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini merupakan program kita dari Astra, dan dilaksanakannya di seluruh Indonesia, termasuk PT. Sari Lembah Subur yang merupakan anak perusahaan dari Astra group yang ada di Kabupaten Pelalawan harus mendukung dan selalu komitmen melaksanakan program-program Pemerintah.

“Sekaligus secara tidak langsung membantu Pemerintah Daerah bagaimana bisa mencegah dan menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pelalawan khususnya di Kecamatan Pangkalan Lesung ini,” terang Tapianus Nainggolan.

Menurut Tapianus Nainggolan, bahwa yang dilaksanakan sekarang adalah vaksinasi tahap satu, dan untuk tahap duanya akan dilaksanakan 21 hari ke depan.

Humas PT. Sari Lembah Subur (SLS) Setyo Budi Utomo menambahkan, Untuk vaksinasi gotong royong ini jumlah yang di vaksinasi sebanyak 1550 orang, yang terdiri karyawan PT. Sari Lembah Subur (SLS) sebanyak 1320 orang, sisanya keluarga karyawan serta para Sub Kontraktor di lingkungan perusahaan SLS.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini, PT. SLS bekerjasama dengan Biofarma selaku penyedia vaksin Sinopharm, dan untuk Tim medis vaksinasinya itu dari Kimia farma, dan dilaksanakan selama empat hari yang dimulai hari Senin kemarin sampai Kamis besok,” terang Setyo.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap PT. Sari Lembah Subur (SLS) atas terlaksananya vaksinasi gotong royong itu, PT. Sari Lembah Subur menerima penghargaan dari Pemkab Pelalawan dan Polres Pelalawan, yang diserahkan oleh Sekdakab Pelalawan Drs. H. Tengku Muhklis dan Wakapolres Pelalawan Kompol Raden Edi Sahputra.

Wakapolres Pelalawan Kompol Raden Edi Sahputra, S.Ag mengatakan, bahwa apa yang dilakukan PT. Sari Lembah Subur ini luar biasa, karena dari seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan yang memiliki semangat mendukung proigram pemerintah dalam penanganan Covid 19 ini.

“Ini PT. Sari Lembah Subur (SLS) luar biasa,  saya sangat apresiasi, terimakasih pak Nainggolan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini. Insyaallah, mudah-mudahan ini akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang lainnya,” ucap Kompol Raden Edi.

Harapan kita, lanjut Waka, semua perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan ini bisa meniru PT. Sari Lembah Subur (SLS) ini untuk melaksanakan vaksinasi gotong royong ini. “Dengan dilaksanakannya vaksinasi gotong royong ini kita berharap semua masyarakat Pelalawan sehat dan bebas dari covid, Aminn,” tutup Wakapolres Pelalawan.

Hal yang hampir sama juga disampaikan Sekdakab Pelalawan Drs. H. Tengku Muhklis, bahwa pihaknya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih dan sangat apresiasi sekali dengan PT. Sari Lembah Subur (SLS) atas pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini.

“Ini sangat membantu pemerintah dalam membangun kekebalan imun masyarakat kita. Kita butuh kontribusi banyak pihak termasuk stekholder maupun perusahaan, agar target vaksinasi 70% dari masyarakat kita akan segera terealisasi,” jelas Tengku Muhklis.

Tengku Muhklis menambahkan, pemerintah daerah terus berupaya mendorong agar semua perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk ikut berpartisipasi dan melaksanakan vaksinasi gotong royong ini.

“Karena ini tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah Daerah semata, perlu kontribusi semua pihak termasuk perusahaan,” tandasnya.

Mantan Assisten I Pemkab Pelalawan ini juga berbicara terkait manfaat dari vaksin, lanjutnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

“Walaupun sudah di vaksin, masyarakat tetap kita himbau untuk patuh protokol kesehatan secara ketat, karena upaya memutus rantai p[enyebaran Covid 19 itu dengan protokol kesehatan dan vaksinasi, itu saja.”pungkas Tengku Mukhlis (Apon)