Prof Hairunnas Rajab Dilantik Menang Jadi Rektor UIN Suska Pekanbaru

Jakarta (Nadariau.com) – Prof Hairunnas Rajab resmi dilantik Menteri Agama RI Yaqut Chalil Qaumas sebagai Rektor UIN Suska Riau. Pelantikan betlangsung di Kantor Kementrian Agama RI Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta pada Rabu 19 Mei 2021.

Pelantikan berlangsung hikmat dan dihadiri sejumlah pejabat di Kementrian Agama RI.

Dalam sambutan pelantikannya, Mentri Agama yang akrab disapa Gus Yaqut ini mengingatkan kepada rektor yang baru dilantik agar bekerja secara baik dan lurus.

“Penyelenggaraan perguruan tinggi punya katakteristik berbeda dengan organisasi birokrasi lain. Ianya harus mengutamakan prinsip academic governance. Birokrasi yang kaku, tidak praktis dan membosankan bagi mahasiswa harus dirombak,” ujar Gus Yaqut.

Selain itu, lanjut pria yang juga akrab disapa Gus Men ini, perguruan tinggi juga harus diurus dengan prinsip pengetahuan universal.

“Perguruan tinggi harus menjadi tiang kebebasan dan perdebatan, karena ia harus mencari kebenaran dan keadilan dengam keberanian,” katanya lagi.

Prof Hairunnas dalam pelantikan tersebut hadir bersama istrinya. “Saya akan menjalankan amanah ini sesuai dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan UIN Suska Riau,” singkatnya. (rls)