Wagubri Hadiri Peluncurkan Gerakan Cinta Zakat di Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau meluncurkan Gerakan Cinta Zakat di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (22/4/2021).

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengatakan, bahwa program Gerakan Cinta Zakat ini merupakan salah satu upaya mengajak komponen masyarakat untuk berzakat, infaq dan bersedekah.

“Gerakan ini merupakan gerakan nasional yang telah ditetapkan oleh Baznas pusat beberapa waktu yang lalu bersama Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan zakat infaq dan sedekah,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, program Gerakan Cinta Zakat ini sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja yang sangat besar dalam mengentaskan kemiskinan, menangani musibah bencana serta mengentaskan kesenjangan dengan berbagai program-program, seperti Sustainable Development Goals (SDGs).

Dimana SDGs ini merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pimpinan dunia termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“Salah satu contohnya adalah SDGs desa, yaitu sebuah upaya terpadu guna mewujudkan sebuah desa tanpa kemiskinan dan tanpa kelaparan,” ujarnya.

Wagubri menerangkan, besarnya potensi zakat yang dikelola oleh lembaga-lembaga penerima zakat salah satunya melalui Baznas telah terkelola dengan cukup baik. Selain itu zakat juga memiliki potensi strategis yang layak dikembangkan menjadi instrumen pemerataan pendapatan masyarakat.

Sehingga dengan demikian, adanya zakat ini diharapkan bisa mempengaruhi aktivitas ekonomi nasional, khususnya penguatan pemberdayaan ekonomi umat sekalian.

“Alhamdulillah sebagaimana tadi juga sudah disampaikan oleh Ketua Baznas di tahun 2020 yang lalu, penerimaan zakat mengalami kenaikan dan diharapkan tahun ini tentu dapat meningkat lagi,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Baznas Riau, Saidul Amin, Forkopimda Riau, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, serta tamu undangan lainnya. (adv/ind)