OTK Curi Lempengan Kuningan Tugu Adipura Kota Pekanbaru

Pekanbaru (Nadariau.com) – Lempengan kuningan di Tugu Adipura Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, kembali dicuri orang tak dikenal (OTK). Padahal, lempengan kuningan itu baru diganti pada akhir 2019 lalu setelah sebelumnya juga hilang dicuri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution melalui Kepala Bidang Pertamanan Edwar Riansyah menyebut, raibnya satu lempengan kuningan itu baru diketahui pihaknya pada Rabu (10/6/2020) pagi kemarin.

“Iya, hilang lagi. Baru tau Rabu pagi dari laporan petugas taman,” ungkapnya, Jumat (12/6/2020).

Lantaran tidak memiliki bukti, pria yang akrab disapa Edu ini menyatakan jika pihaknya belum berencana membuat laporan ke kepolisian. Dinas PUPR, kata dia, akan melakukan penggantian satu lempengan kuningan itu terlebih dahulu.

“Kita ganti saja,” ujarnya.

Edu menduga, lempengan kuningan di Tugu Adipura yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman depan Kantor Walikota Pekanbaru itu dicuri orang tak bertanggungjawab secara berangsur-angsur. Sebab untuk mengambil lempengan tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah.

“Kita menduga orang tak bertanggungjawab melakukannnya dalam beberapa hari karena susah itu mengambil lempengannya,” ucap dia.

Untuk perbaikan satu lempengan kuningan yang hilang, disampaikan Edu akan dilakukan secepatnya tanpa mengajukan anggaran pengadaan baru melalui APBD Kota Pekanbaru.

“Rencananya kita pakai anggaran pemeliharaan saja,” tutupnya.

Tugu Adipura sebagai bukti Pekanbaru kota terbersih di Indonesia itu sebelumnya dirusak orang tak dikenal pada 2016 lalu. Tak hanya dirusak, lempengan kuningan di tugu juga hilang dicuri.

Untuk mengganti lempengan kuningan yang habis dicuri, Dinas PUPR Pekanbaru memesan ulang dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Akhir 2019, lempengan kuningan yang hilang sudah berhasil diganti. Namun, kini kuningan tersebut kembali dicuri. (ind)