Ajukan Nota Keuangan R-APBD 2020, DPRD Inhu Gelar Sidang Paripurna

Inhu (Nadariau.com) – Setelah melakukan sidang paripurna penyampaian pengantar nota keuangan Rancangan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), DPRD Inhu langsung mengelar sidang paripurna pandangan umum fraksi terhadap Nota Keuangan dan Rancangan APBD pada, Jumat (15/11/2019).

Ada yang menarik dalam sidang paripurna tersebut, dimana dalam pandangan umum yang disampaiakan masing-masing fraksi, Pemkab Inhu dihujani kritikan.

Terutama terkait tidak meratanya pembangunan di sejumlah wilayah di Inhu, khusunya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR.

Tidak hanya itu, beberapa fraksi juga membidik minimnya sarana dan prasarana dan kecilnya anggaran yang dikucurkan pemerintah daerah terhadap Disduk Capil yang berdampak pada sistem pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga menerima kritikan pedas dari para wakil rakyat tersebut.

Terutama terkait kesenjangan pembangunan gedung sekolah di pusat pemerintahan dengan yang ada di kecamatan dan desa.

Begitu juga dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum, sejauh ini anggota dewan menilai masih terdapat kesenjangan dalam pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Baik itu pelayanan di puskesmas, maupun saat berobat di rumah sakit. Bahkan, bagi pasien yang menggunakan BPJS, masih ditemukan adanya pembelian obat di apotik swasta.

Dengan demikian, secara umum pandangan masing-masing fraksi yang ada di DPRD Inhu, meminta agar pemerintah daerah dapat melakukan evaluasi dan pembenahan.

Serta menjalankan roda pemerintahan secara transparan dan akuntabel, demi tercapainya Kabupaten Inhu yang sejahtera 2020.

Kritikan pedas tersebut dibacakan secara lantang oleh, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi PKS, serta dua Fraksi Gabungan.

Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Inhu, H Syamsudin Wakil Ketua I Masyrullah SP dan Wakil Ketua II H.Suwandi Ritongga SE dan dihadiri Wakil Bupati Inhu, H Khairizal serta segenap pejabat dilingkungan Setda Inhu.

Sebagai mana diketahui, sebelumnya pengantar nota keuangan RAPBD tersebut disampaikan lansung Wakil Bupati Inhu, H Khairizal dan diterima oleh Ketua DPRD Inhu Syamsudin di ruang sidang paripurna gedung DPRD Inhu. (Rio)

 114 total views