Posko Kesehatan dan Kedap Asap DPRD Riau Resmi Beroperasi

Pekanbaru Nadariau.com) – DPRD Provinsi Riau, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau, Dinas Kesehatan dan seluruh Rumah Sakit yang ada di Kota Pekanbaru, membuka posko kesehatan untuk melayani masyarakat yang terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Ketua DPRD Riau Sementara Sukarmis, secara resmi membuka Posko kesehatan dan rumah kedap asap

Posko yang bertempat di Aula IKKD gedung DPRD Riau, tepatnya di samping tenis outdoor ini dilengkapi beberapa tempat tidur untuk anak-anak, bayi dan dewasa, oksigen dan alat penyaring udara agar bebas dari partikel debu.

Posko ini dibentuk oleh DPRD Riau bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau, Persatuan Rumah Sakit Indonesia, Persi, Provinsi Riau dan Fakultas Kedokteran UNRI.

Rencananya Posko di DPRD Riau ini akan menjadi Posko percontohan.

“Rumah sehat ini nantinya akan dilengkapi dengan psikologi perkembangan anak, tempat santai, permainan anak,” kata Sukarmis, Rabu (18/09/2019).

Sementar, diruangan isolasi sudah dilengkapi alat penyaringan udara, namun saat diukur melalui alat ISPU diluar ruangan sekitar 400 mikron dan didalam ruangan sekitar 300 mikron, di dalam ruang isolasi 250 mikron.

Saat ini IDI RIAU, masih butuh satu alat lagi agar udara seperti di pegunungan dan kualitas udara sekitar 50 mikron.

Selain itu Posko ini juga disiapkan paket susu vitamin untuk anak-anak dan dewasa. Karena Ini radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, yang bisa menyebabkan kanker.

Untuk itu perlu pemberian susu dan vitamin untuk menangkal partikel-partikel debu di dalam tubuh.

“Posko ini buka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore,” kata Ketua IDI Provinsi Riau Zul Hasdi.

Selain Sukarmis dan Zul Hasdi, hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Ketua DPRD Riau sementara Zukri, Ketua Fraksi PKS, Makarius Anwar, Ketua Fraksi PAN, Zulfi Murzal, Ketua Fraksi PDIP Saparudin Poti, Marwan Yohanis, Ustad Sofyan Siroj, dr Anita Sari, dr Sunaryo, Parisman ikhwan dan Ketua IDI Kota Pekanbaru. (son)