Tiga Tim Koramil 15/KK Patroli Rutin Karhutla Sambil Sosialisasi TMMD Ke 105

Pelalawan (Nadariau.com) – Guna mengantisipasi terjadinya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan)
Kodim 0313/KPR menerjunkan tiga Tim Personel Koramil 15/Kuala Kampar untuk melaksanakan patroli rutin karhutla dan pengawasan serta menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat wilayah binaan, dalam upaya mengantisipasi musim kemarau sebagai langkah antisipasi terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0313/Kpr Letnan Kolonel Inf Aidil Amin SIP M IPol melalui Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring. Adapun Pelaksanaan patroli dan pengawasan serta sosialisasi himbauan dilaksanakan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang dampak membakar hutan dan lahan pada saat musim kemarau. “Sehingga mengurangi keinginan warga untuk membakar lahan dan hutan, juga mencegah terjadinya musibah kebakaran,” ujar Kapt Arh Sembiring, Kamis (5/7/2019).

Personel Koramil 15/Kuala Kampar dibagi menjadi tiga kelompok, Tim 1 wilayah Pulau Muda dan Serapung dipimpin Serma Elvis Idrus, Tim 2 wilayah Merawang dipimpin Sertu Masril dan Tim 3 wilayah Pangkalan Panduk dan Pangkalan Terap dipimpin Sertu Humaidi Husen.

Ketiga Tim yang dibentuk bekerjasama dengan pihak perusahaan yang ada diwilayah termasuk instansi terkait lainnya serta masyarakat desa. Patroli dengan menggunakan kendaraan mobil, sepeda motor dan jalan kaki termasuk melakukan pemantauan melalui menara pengawas serta penggunaan kamera Drone milik perusahaan untuk memantau areal yang sulit dilalui.

Disela-sela kegiatan Patroli Rutin dan sosialisasi Karhutla, Personel Koramil 15/Kuala Kampar melakukan sosialisasi TMMD ke 105 Kodim 0313/Kpr yang akan dilaksankan pertengahan bulan Juli 2019 mendatang supaya masyarakat di desa binaan bisa mengetahui bahwa TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang menjadi program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya. (Rilis/DW)