Bengkalis Kembangkan Kerajinan Tenun Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Bengkalis (Nadariau.com) – Kerajinan tenun menjadi salah satu primadona di Provinsi Riau. Salah satu kerajinan tenun yang ada di Provinsi Riau berada di Jalan Utama, Desa Sebauk, Kecamatan Bengkalis.

Pemilik kerajinan tenun, Defi Susanti menceritakan kerajinan tenun yang dimilikinya berdiri sejak 20 Januari 2006 yang awalnya dari pelatihan-pelatihan pembuatan tenun dari rumah ke rumah.

“Awalnya dari pelatihan-pelatihan pembuatan tenun dari rumah ke rumah lalu diproduksi sendiri dan diperjualbelikan,” ceritanya, kemarin.

Permintaan pasar dan tumbuh kembang kerajinan yang dimiliki oleh Defi Susanti sangat baik. Saat ini memiliki tiga puluh karyawan lepas dan sepuluh karyawan yang tinggal dirumah. Ekonomi masyarakat terbantu dengan adanya kerajinan ini.

Salah seorang pelanggan tenun, Wati mengungkapkan jika tenun yang diproduksi sangat cantik.

“Kualitas kainnya bagus, gambarnya cantik,” tuturnya.

Kain tenun yang diproduksi di Bengkalis ini bermacam-macam mulai dari pucuk rebung, siku keluang dan siku awan. Tidak hanya dalam bentuk kain, kain tenun yang sudah jadi kemudian dibentuk menjadi berbagai macam souvenir lain. Mulai dari selendang dan juga sandal.

Defi berharap semoga pemerintah atau dinas terkait dapat memperhatikan dan membantu pemasarannya hingga mencapai keluar negeri.

“Semoga dinas terkait bisa memperhatikan dan semoga kerajinan tenun bisa dipasarkan ke liar negeri,” harap Defi. (nto)