Peringatan Dies Natalis Ke IX, UPP Gelar Berbagai Kegiatan

Rohul (Nadariau.com) – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke IX Tahun 2018, kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan menggelar berbagai kegiatan.

Mulai dari kegiatan seminar nasional, jalan sehat hingga pemberian penghargaan atau award kepada kepala desa, para aktivis perempuan Rohul dan insan pendidik di Kabupaten Rokan Hulu

Ketua panitia Dies Natalis yang juga Wakil Rektor II UPP Khairul Fahmi MT kepada wartawan mengatakan, untuk memperingati Dies Natalis ke IX tahun 2018, UPP akan menggelar Seminar Nasional dengan mengusung Tema “Peran Perguruan Tinggi Meningkatkan Kompetensi Lokal Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Kegiatan Dies Natalis UPP IX ini nantinya ada empat rangkaian acara, dimulai kegiatan Seminar Nasional tanggal 31 Juli 2018, dengan menghadirkan Pembicara Ketua Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Dr Ir Budi Djatmiko, MSi MEi, Ketua Umum Asosisasi Dosen Indonesia (ADI) Dr Dino Pati Jalal (Mantan Jubir Presiden RI (2004-2019 – Mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat 2010-2014), kemudian Gubernur Riau Terpilih Drs Syamsuar MSi yang juga saat ini menjabat sebagai Bupati Siak.

“Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan rangkaian jalan sehat, startnya dimulai dari UPP – Simpang Kumu dan finish di kampus UPP.  Kegiatan jalan sehat tersebut pesertanya diikuti seluruh lapisan masyarakat Rohul,” kata Fahmi.

Untuk menambahkan motivasi dan semangat peserta dalam mengikuti jalan sehat, panitia menyediakan doorprize, seperti Kulkas, Sepeda, Mesin Cuci, Magic Com. Kegiatan ini juga dimeriahkan para motor, nantinya take off dari lapangnan kampus UPP dan keliling kota Pasir Pengaraian dan balik lagi ke UPP.

Masih dalam kegiatan jalan sehat, panitia juga menyediakan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol, tekanan darah dan pemiriksaan golongan darah plus Donor darah, bagi masyarakat yang ingin donor darah silah ikut dalam kegiatan tersebut.

Pada kegiatan jalan sehat ini juga akan dimeriahkan dengan atraksi paramotor dilapangan kampus UPP oleh atlet PON paramotor Riau.

Mereka akan diterjunkan pada event ini yang akan menambah semaraknya kegiatan ini. selain itu, diyakini acara ini sangat meriah karna dilengkapi dengan musik hiburan.

“Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat Rokan Hulu,” pungkas Fahmi.

Ketua KONI Rohul terpilih itu menambahkan, Kemudian tanggal 2 Agustus 2018 dilaksanakan Wisuda, yang insya allah akan dihadiri serta orasi ilmiah oleh Menko PMK Puan Maharani.

Selanjutnya, Rangkaian Dies Natalis ke IX dilanjutkan dengan Pengumumam UPP Award yang terdiri 3 kategori, yaitu aktivis perempuan, Kepala Sekolah Tingkat SMA sederajat berperestasi dan Kepala Desa Berprestasi di Rohul.

UPP akan memberikan penghargaan untuk tiga kategori kepada insan yang prestasi tersebut, inilah kegiatan yang ada di UPP.

Eksistensi UPP sangat atusias dan ingin hadir ditengah masyarakat Rohul sebagai bhakti dalam usia kampus UPP 9 tahun.

“Saya sangat berharap dukungan dan partisipasi masyarakat bahwa kedepan ini UPP siap sebagai lokomotif untuk megembangkan pendidikan tinggi di Rohul,” ujar Fahmi.

Ditempat yang sama Rektor UPP Dr Adolf Bastian MPd, tema besar komitmen bersama UPP untuk mewujudkan kampus technopreneur.

Artinya kalau Komitmen itu adalah sebuah  Perjanjian terintegrasinya, perjanjian hati, pikiran dan tindakan semua ciivitas akademika UPP untuk mensukseskan acara ini.

Tentu rasa syukur  sejauh ini UPP sudah berumur sekian tahun, kemudian sebagai wujud rasa Syukur itu dicoba membuat beberapa kegiatan, baik kegiatan yang Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya ada seminar nasional.

Melalui kegiatan ini UPP mengajak masyarakat untuk berpartisipasi pada kegiatan jalan santai, Donor Darah, pemeriksaan kesehatan gratis , macam-macam  kegiatan sosial khususnya masyarakat di lingkungan Kampus.

Nah Komitmen ini adalah  komitmen UPP untuk berbuat yang terbaik, untuk UPP sendiri maupun masyarakat Rokan Hulu.

Adolf menambahkan,  Insya Allah Program 1 Keluarga 1 sarjana akan lounching karena ini juga  program pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, sesuai harapan presiden supaya bisa meningkatkan angka partisipasi kasar tamatan SMA, SMK, MA sederajat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Dari data yang diperoleh di Rohul ini sangat menyedihkan.

Untuk meningkat SDM tersebut UPP harus melakukan kerja sama dengan Pemkab Rohul, yaitu dengan program 1 Keluarga 1 Sarjana.

Program ini mendapat respon yang baik untuk mewujudkan harapan dari Jokowi, seiring dengan Visi dan Misi pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menata kota menata desa tentu perlu SDM dan gerakkan  akan di launching oleh Bupati Rokan  pada acara wisuda tanggal 2 Agustus 2018.

Karena ini juga salah satu program unggulan Pemkab Rohul meningkatkan angka partisipasi pelajar ke perguruan tinggi.

Sementara program 1 sarjana 1 keluarga juga akan dikomunikasikan dengan pemerintah kecamatan dan desa. Dengan tujuan untuk menimalisir usia produktif tamatan SLTA yang belum melanjutkan ke perguruan tinggi, diantaranya untuk bergabung ke UPP.

“Insya Allah nanti akan ada kemudahan untuk bantuan pendidikan baik dari pihak ketiga maupun dari pemerintah Rokan Hulu berseraya dengan Dies Natalis UPP,” kata Rektor UPP. (alfa)

 58 total views