Dr Harmaini Dilantik Pimpin API Wilayah Riau di Umri

Prof Drs Subandi MA PhD mengukuhkan DR Harmaini MSi sebagai Ketua API Wilayah Riau.

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Prof Drs Subandi MA PhD mengukuhkan DR Harmaini MSi sebagai Ketua Asosiasi Psikologi Islam (API) Wilayah Riau di Gedung Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Minggu (28/04/2018)

Dalam sambutanya, Ketua API Riau Dr Harmaini MSi mengatakan kehadiran API adalah cara agar para psikolog di Riau tidak mengarah ke psikologi liberal.

Menurutnya, potensi berkembangnya psikologi Islam sangat besar di Riau. Karena di Riau ada dua prodi yang khusus mengembangkan Psikologi Islam.

Di Universitas Islam Riau dan Universitas Abdurrab ada psikologi umum. Namun, pengajarannya mengarah pada psikologi Islam.

Sementara itu, Prof Drs Subandi MA PhD menyebutkan agar pengurus API Riau ini bisa mendorong psikologi Islam berkembang di Provinsi Riau yang menjadi pusat kebudayaan Melayu. Apalagi, melayu sangat identik dan kental dengan keislamannya.

Sebagai negeri Melayu, psikologi Islam sangat penting berkembang di Riau. Hal ini berbeda dengan wajah psikologi di beberapa daerah yang berkembang justru psikologi sekuler.

Menurutnya psikologi sekuler dianggap kurang rohnya. Karena itu, perlu peran API untuk melengkapinya secara keilmuan.

Hal ini sejalan dengan tujuan API untuk menghimpun psikolog, ilmuwan psikologi serta peminat di Indonesia untuk mengembangkan ilmu Psikologi Islam.

“Saya berharap, psikolog di Riau juga berperan menghadapi tantangan yaitu lulusan Prodi Psikologi Islam belum bisa mengikuti pendidikan profesi psikolog. Untuk itu, perlu ada upaya untuk mengubah regulasi itu,” kata Subandi

Tak hanya itu, Subandi juga menyampaikan pentingnya psikolog Islam melakukan kajian dan publikasi. Perlu dibuat publikasi yang mengangkat detil-detil keilmuan soal Psikologi Islam. (ind)