Unri Selenggarakan Kontes Robot Se Sumatera

Salah satu jenis robot milik mahasiswa Unri.

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Universitas Riau (Unri) menjadi tuang rumah penyelenggaraan kontes robot, di GOR Tribuana Pekanbaru, Sabtu (28/04/2018).
Peserta menurunkan sebanyak 52 robot dari 28 perguruan tinggi di Sumatera. Masing masing perguruan tinggi tersebut membawa jenis robot pilihan untuk diperlombakan di sini.

Kontes robot ini memperlombakan sebanyak empat kategori. Yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Berkaki.

Kemudian Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Kontes Robot Seni Tari indonesia (KRSTI).

Otomatis pertandingan pasti seru. Karena finalis akan menjadi perwakilan untuk bertanding di kontes robot tingkat nasional.

Salah satu tim yang diunggulkan dari Provinsi Riau adalah dari Politeknik Caltex Riau (PCR).

“Pada tahun ini, PCR dua tim yang akan bertanding pada kategori lomba KRPAI dan KRSBI,” kata Pembimbing Tim Robot PCR, Elva Susianti.

Sementara KRI Regional 1 Sumatera ini PCR menurunkan dua tim. Yakni Tim Al-Ahsan 6 yang akan bertanding di kategori KRPAI dan Tim Al-Fathan yang akan bertanding di KRSBI.

Untuk Kategori KRPAI, PCR menggunakan satu robot. Sedangkan untuk KRSBI mereka menurunkan tiga robot.

Tim Robot PCR yang terdiri dari mahasiswa teknik PCR ini telah melakukan persiapan yang matang.

“Sebelumnya PCR pernah sebagai tuan rumah KRI Regional 1 Sumatera pada tahun 2016 dan juga pernah menjuarai KRI Tingkat Nasional pada tahun 2008,” ujar Elva. (dan)