DPRD Riau melakukan Audiensi dengan KPK Diruang Medium

Anggota DPRD Riau berfoto bersama tim KPK usai audiensi pencegahan korupsi di gedung DPRD Riau.

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Unsur pimpinan dan anggota DPRD Riau melakukan audiensi dengan tim KPK diruang medium gedung DPRD Riau, Jum’at (16/03/2018).

Audiensi ini terkait antisipasi dan upaya pencegahan korupsi di lingkungan DPRD Riau. Sementara rombongan tim KPK dipimpin oleh Koordinator Supervisi Pencegahan KPK, Ardiansyah Nasution.

Anggota Komisi V dari Fraksi PAN Ade Hartati mengatakan, dalam audiensi tadi ada beberapa hal yang dibicarakan.

Diantaranya KPK akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap proses pengesahan RTRW. Kemudian mengelaborasi kebijakan daerah dan pusat dan lain lain.

“Dalam audiensi tadi, KPK mengatakan persoalan RTRW di Riau merupakan hal sangat serius. KPK khawatir dalam proses pengesahan ada tidak sesuai dengan aturan berlaku. makanya KPK akan mengawal sampai tuntas,” kata Ade Hartati.

Kemudian dalam audiensi, anggota dewan bisa secara langsung berkomunikasi dengan tim KPK. Sehingga banyak mendapatkan ilmu dan informasi dalam penyusunan anggaran daerah.

Diakui, selama ini KPK ada melakukan pendampingan dalam penyusunan perencanaan anggaran daerah. Namun kewenanganya terbatas. Atau KPK hanya boleh dilibatkan secara makro, tetapi tidak dilibatkan secara mikro.

“Maka kita berharap KPK bisa masuk dan dilibatkan dalam penyusunan dan perencanaan anggaran secara mikro. Supaya tidak adalagi korupsi terjadi di Riau,” harap Ade Hartati. (ind)