Apa kata Ustadz Abdul Somad Terkait Hukum Makan Sehabis Berhubungan Intim

Ustadz Abdul Somad

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Apa kata Ustadz Abdul Somad terkait hukum makan sehabis berhubungan intim dengan pasangan suami istri.

Karena sudah pasti sebagai seorang muslim, tentu ingin mengetahui mengenai fiqih sehari-hari. Terutama dalam masalah yang berkaitan dengan ibadah.

Nah, Ustadz Abdul Somad (UAS) pernah ditanya soal hukumnya makan sehabis berhubungan suami istri.

“Bolehkah sehabis berhubungan intim langsung makan dan minum walau belum mandi junub?” tanya seorang jamaah lewat selembar kertas.

Pertanyaan ini diupload akun @Al Qalam Channel ke youtube dengan judul “Tanya jawab seputar amalan sehari hari Ustadz Abdul Somad”. Video tanya jawab ini sudah ditonton ribuan netizen atau warganet.

“Setelah berhubungan intim, lalu makan dan minum sebelum mandi junub. Boleh. Tetapi berwudhu dulu,” jawab UAS yang merupakan Dosen Hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini.

“Apa dalilnya? Rasulullah SAW ada kalanya mandi ada kalanya wudhu (saat berhadas besar). Larangan mereka yang berhadas besar itu tidak boleh masuk masjid, megang Quran, baca Quran, shalat, puasa, dan tawaf. Kalau makan dan minum tak ada larangan (saat berhadas besar),” lanjut Ustadz Abdul Somad kemudian.

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan menarik yang diposting lewat media sosial (medsos). Dianjurkan menonton sampai tuntas kajian dari Ustaz Abdul Somad supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknai suatu perkara.(r24/nrc)