Gubernur Riau Bantu SMK Otomotif Mobil Bekas

Gubernur Riau mengecek mobil bekas sebelum diserahkan ke SMK.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan mobil bekas milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif.

Pemberian bantuan ini merupakan sebagai wujud kepedulian dan sarana mengikuti perkembangan kemajuan teknologi terhadap SMK. Terutama SMK negeri.

Pada kesempatan ini ada sekitar 17 Kepala SMK yang memiliki jurusan Otomotif. Namun secara simbolis mobil bekas ini diserahkan kepada 3 SMK di Gudang aset Pemprov Riau Jalan Kopan Pekanbaru. Yakni SMKN 1 Minas, SMKN 1 Mandau dan SMKN 7 Pekanbaru.

Pemberian mobil sebagai alat praktek ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas peserta didik terutama dalam mengikuti kemajuan teknologi. Karena dari kunjungan dibeberapa SMK yang dilakukan Gubernur didapati yang digunakan sebagai alat praktek itu adalah mobil tipe lama.

“Sekarang kita serahkan mobil sebagai alat praktek untuk siswa kita dengan mobil tahun tinggi, dengan demikian siswa akan bisa mengikuti kemajuan teknologi yang digunakan,” kata Gubernur, Senin (22/01/2018).

Gubernur juga menyebutkan, penyerahan mobil sebagai alat praktek ini juga merupakan bagaian penunjang bagi dunia pendidikan dalam peningkatan SDM.

Dengan menggunakan mobil tahun tinggi sebagai alat praktek, diharapkan dunia industri tidak akan ragu dalam menggunakan tenaga dari alumni SMK didunia kerja. Karena sudah menggunakan alat praktek dengan mobil tahun tinggi.

Dalam kesempatan itu Gubri juga mengingatkan, agar mobil tersebut jangan disalahgunakan pihak sekolah dengan memakainya setelah diperbaiki.

“Mobil ini jangan diperbaiki, lalu digunakan, kepala Dinas pendidikan agar melakukan pengecekan akan hal itu. Karena ini bukan untuk dipakai, melainkan untuk alat praktek,” tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau Rudyanto menjelaskan, pemberian alat praktek bagi SMK yang memiliki jurusan otomotif ini adalah bagian dari keseriusan Gubernur Riau dalam membangun bidang pendidikan khususnya SDM siswa SMK.

Karena selama ini kan mobil-mobil tersebut ada yang tidak termanfaatkan. Alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk sekolah, sehingga ini akan memberi sarana baru bagi mereka dalam praktek.

“Kedepan tidak tertutup kemungkinan Pemprov Riau juga akan memberikan alat-alat praktek lainnya untuk SMK ini. Seperti pada jurusan elektronika, yakni komputer, AC dan sebagainya,” ujar Rudyanto.

Sementara Kepala SMKN 7 Pekanbaru Peri Daswandi mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Gubernur Riau, yang telah peduli dengan SMK khususnya yang memiliki jurusan otomotif, sehingga diberikan bantuan alat praktek.

“Tentu ini sangat bernilai bagi kami, dan mudah-mudahan para siswa lebih punya banyak pilihan lagi dalam menjalankan praktek, dengan demikian mereka akan mampu bersaing didunia kerja nantinya setelah menamatkan sekolah,” kata Peri. (ind)