Hentakan Begawai Musik Bangkitkan Melayu di Riau

Begawai Musik bangkitkan budaya Melayu nan dulu.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Hentakan  Begawai Musik di Purna MTQ Pekanbaru bangkitkan budaya Melayu nan lalu. Masing-masing seniman menampilkan tradisi dan budaya melalui seni musik.

Penampilan para seniman itu memukau para pengunjung. Seniman menyampaikan kebudayaan nan dulu melalui keahlian seninya di pentas seni Begawai Musik.

Iwan Landel salah satu pelopor pergelaran Begawai Musik mengatakan, kegiatan ini baru pertama dilaksanakan di Riau. Begawai Musik merupakan ide dari para seniman Riau, yang ingin menampilkan kebudayaan, terutama kebudayaan daerah masing-masing.

“Seperti dari Kuansing, senimanya menampilkan randai, Pekanbaru menampilkan musik, serta seni lain,” ujar Iwan, Jum’at (19/18/2018).

Iwan menjelaskan Begawai Musik sudah ditutup tadi malam. Kegiatan yang simulai sejak tiga malam lalu tersebut dihadiri puluhan bahkan ratusan seniman Riau.

Seniman tari, musik dan teater berkumpul saling mensuport kegiatan Begawai Musik. Pada sesi terakhir ditampilkan seni randai dari mahasiswa Kuansing yang tergabung kedalam Opera Kuantan.

Berbagai komunitas seni antusias hadir dari awal sampai akhir kegiatan. Kemudian juga ada bazar yang dikelola oleh para seniman. Di sana menjual buku tentang musik, aksesoris musik, baju musik, tas dan berbagai kerajinan lain yang berhubungan dengan seniman.

Kegiatan ini akan dilaksanakan kembali kedepan. Namun pada acara nanti akan menampilkan seni  tari atau teater. Tetapi latarnya tetap Begawai Musik.

“Alhamdulillah, kegiatan kemarin berjalan dengan lancar dan sukses. Maka kedepan kembali akan kita adakan. Sehingga masyarakat Riau dapat mengetahui seluruh jenis seni yang kita miliki dulu. Diharapkan seni itu dapat dilestarikan terus kedepan,” kata Iwan. (lia)