Prodi Ilmu Komunikasi UMRI Taja Stand Up Comedy Competition

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menaja event Stand Up Comedy.

Pekanbaru (nadariau.com) – Untuk mengasah kempuan penyelenggaran event, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menaja event Stand Up Comedy. Kegiatan ini dalam rangkaian Comunication Star Fest 2017.

Hadir dalam event ini Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Jayus SSos MIKom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Desliana Dwita SIP MIKom dan puluhan mahasiswa program studi ilmu komunikasi semester 6, selaku penyelenggara, serta ratusan pengunjung. Hadir pula undangan Ade Agus Hartanto yang merupakan anggota Komisi E DPRD Provinsi Riau yang membidangi pendidikan dan kepemudaan.

Delapan belas orang peserta Stand Up Comedy yang berasal dari mahasiswa dan pelajar berhasil memukau ratusan pengunjung yang hadir. Pengunjung semakin antusias mengikuti jalannya acara karena juga diisi hiburan oleh Mutiara Band yang membawa lagu-lagu kekinian yang digandrungi anak muda.

Ketua panitia Akmal mengatakan Event tahunan mahasiswa komunikasi UMRI itu dilaksanakan di Warkop Pinggiran 45 Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Tempat ini sengaja dipilih, karena merupakan tempat berkumpulnya massa yang sebagian besar merupakan anak muda. Sehingga ia terbantu dengan pengunjung Warkop Pinggiran 45 yang memang sudah ramai.

“Alhamdulillah kegiatan kami berjalan lancar dari awal hingga akhir tanpa ada halangan. Kami sengaja memilih Warkop 45 ini karena memang menjadi salah satu tempat berkumpulnya anak muda di kota Pekanbaru dan kami merasa terbantu dengan konsentrasi massa yang ada di sini,” kata Akmal, Sabtu (06/05/2017) malam kemarin.

Akmal menambahkan bahwa terlaksananya event ini berkat kerjasama UPT Promosi UMRI, Warkop Pinggiran 45, RAPP Hadi Reklame, Ngenge Studio dan Stan Up Indo Pekanbaru.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua sponsor, semua pihak yang mendukung terlaksananya event ini,” ujar Akmal.

Ketua program studi Ilmu Komunikasi UMRI Desliana Dwita mengatakan, penyelenggaran event ini merupakan tugas mata kuliah Event Organizer bagi mahasiswa semester 6 setiap tahunnya. Untuk event malam hari itu ia merasa senang, karena berjalan meriah dan saya menilai sukses.

“Mulai dari konsep, perencanaan dan pelaksanaan, semuanya berjalan sesuai target. Diharapkan tahun besok kegiatan ini dapat kembali berjalan sesukses sekarang lagi,” kata Deslina.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Jayus Ssos MIKom, mengatakan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan mahasiswa komunikasi tersebut. Karena kegiatan itu, positif dan rutin dilaksanakan setiap tahun.

Jayus berharap event seperti ini dapat dilakukan di masa-masa mendatang. Karena mahasiswa dilatih mulai dari konsep perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan suatu kegiatan.

Sehingga mereka bisa terbiasa memulai pekerjaan dengan konsep yang matang. Supaya hasilnya dapat sesuai dengan target rencana awal. Sebab jika setiap pekerjaan tanpa konsep, sudah tentu hasil pekerjaannya tidak bagus.

“Meskipun ini praktikum atau pelaksanaan tugas mata kuliah, mahasiswa terlihat sungguh-sungguh dan terkonsep. Pada pelaksanaan, kesesuain tempat, ide acara juga sesuai dengan perkembangan kekinian. Dan yang lebih penting lagi acara terlaksana dengan sistematis dan sesuai target,” kata Jayus.

Pada gelaran Stand Up Commedy ini panitia mendatang dua orang dewan juri yaitu Amran Syarifuddin dari RRI Pekanbaru dan David dari komunitas Stand Up Indo Pekanbaru. Selanjutnya dewan juri memutuskan dari delapan belas orang peserta, tiga orang jura terpilih sebagai juara.

Rincian juara antara lain juara satu Bonar Manalu, juara dua M Zulham dan juara tiga Adrian Al-Gazali serta satu orang juara favorit yaitu M Faiz. Penentuan jura oleh dewan juri didasarkan atas keaslian materi, penguasaan panggung dan timing. (jay)