Koperasi Ikasmantri Padang Buka Cabang di Pekanbaru

Gubernnur Sumbar, meresmikan Koperasi Ikasmantri Padang, cabang Pekanbaru di Jalan Parit Indah.

Pekanbaru (nadariau.com) – ‎Unit Usaha koperasi‎ Ikasmantri Padang membuka cabang di Jalan Parit Indah, Pekanbaru Riau. Peresmian Ikasmantri cabang Pekanbaru ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Salah satu usahanya yaitu pembuatan Batu Bata Apung. Bahan bangunan ini sangat cocok digunakan diatas lahan gambut. Selain itu, berat batu ringan, sehingga bisa dipasang oleh tukang rumah dengan cepat.

“Saya sangat mengapresisi pengelola Unit Usaha Koperasi Ikasmantri Padang di Pekanbaru‎. Diharapkan hasil produksinya bisa cepat diterima masyarakat di Riau. Karena selain kuat, Batu Bata Apung ini cocok di wilayah tanah gambut,” kata Irwan, Minggu (07/05/2017).

Irwan sengaja datang ketempat Koperasi Ikasmantri disela sela Kunjungan Kerja dinas ke Pekanbaru, Riau. Sehingga beliau menyempatkan diri untuk meresmikan koperasi ‘Urang Awak itu’.

Sebelum meresmikan Kantor Koperasi Ikasmantri, Irwan‎ menyempatkan diri, melihat usaha yang di buat oleh pihak pengelola. Seperti melihat peralatan usaha Batu Bata Apung, dan kelengkapan peralatan serta bahan baku lainnya.

Penasaran Ingin mengetahui cara pembuatan Batu Bata Apung, Gubernur Sumbar langsung melakukan percobaan dengan melihat sistem kerja mesin pencetak batu. Lebih lanjut, juga melihat Batu Bata Apung yang sudah jadi di masukan kedalaman air.

Dengan ekspresi terkesan kagum, ia memberikan suport kepada para pelaku usaha Koperasi Ikasmantri. Untuk terus mengembangkan usahanya disemua daerah. Sebab jenis usaha baru ini baru dikembangkan dan belum diketahui banyak masyarakat.

“Karena Batu Bata Apung harganya sangat murah dan tidak memakan perekat semen. Produk ini sangat bagus, bahkan lebih kuat dari batu bata biasa,” jelas Irwan.

Salah satu Koordinator Unit Koperasi Ikasmantri Padang di Pekanbaru, Harlon Sofyan mengucapkan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumatera Barat. Dengan kehadiran beliau semoga memberikan motivasi kepada seluruh anggota dan para pengurus Koperasi Ikasmantri, untuk lebi giat mempromosikan usaha ini di Riau.

Kelebihan dari batu bata Apung ini adalah mempermudah pekerjaan para pekerja bangunan. Menguntungkan bagi masyarakat, karena batu tersebut tidak banyak memakan perekat semen.

“Kemudian batu ini kuat untuk segala macam tipe bangunan. Seperti pembuatan pondasi, dinding rumah tahan api, mudah di pelaster dan bermacam kegunaan lainya,” jelas Harlon. (ind)