Anggota DPRD Riau Markarius Anwar Kunjungi Korban Banjir di Tualang

Anggota DPRD Riau, Markarius Anwar, ikut membantu memasak untuk makan korban banjir, di dapur umum Posko PKS di Kecamatan Tualang. (Ft: isa)

Siak  (nadariau.com) – Anggota DPRD Riau, Markarius Anwar bersama rombongan mengunjungi korban banjir di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Banjir disini terjadi akibat hujan lebat, sejak hari Sabtu kemarin.

Puluhan korban banjir diungsikan tim yang tergabung ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Siak, ketempat aman. Selain posko BNPB, disini juga dibangun Posko Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dengan banyaknya posko, telah dapat membantu korban banjir dalam mendapatkan pertolongan tempat tinggal sementara, makanan, air bersih dan obat-obatan. Sehingga dapat meringankan penderitaan korban banjir.

“Kampung yang terparah terkena banjir, yaitu kampung Tualang. Mulai dari kilometer 1, 2 dan 3, kedalamannya sampai pinggang orang dewasa,” kata Markarius, di Posko PKS, Senin (1/05/2017).

Markarius Daerah Pemilihan Siak-Pelalawan ini mengaku, banyak menerima Curhatan dari korban banjir yang ramai mendatangi Posko PKS. Termasuk ada menyampaikan keluhan gatal-gatal, demam, batuk dan asma akibat kedinginan terendam air.

Sebagai pertolongan dari perwakilan rakyat ini, tim yang ada di Posko diminta memberikan pelayanan pengobatan maksimal. Agar korban banjir tidak sakit dan bisa bersabar menerima cobaan bencana alam tersebut.

Meski demikian, perwakilan rakyat ini akan mencoba mencari solusi, agar bencana banjir itu dapat diantisipasi. Sehingga tidak ada lagi terjadi banjir di Kabupaten Siak dan Pelalawan.

“Saya sangat mengapresiasi kader-kader partai yang tangap dengan kondisi bencana. Sehingga cepat memberikan bantuan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada terjadi korban jiwa,” kata Bendahara Umum DPW PKS Provinsi Riau ini.

Salah seorang korban banjir, mengaku sangat senang datang ke Posko PKS. Karena pelayanannnya ramah dan cepat. Selain itu ada obat gratis, sehingga dapat menolong korban banjir dari kesulitan.

“Kami tidak bisa membawa apa apa dari rumah kami. Karena banjir sangat cepat datang dan kami segera diungsikan ke sini. Namun berkat pertolongan di posko pengungsian ini terutama Posko PKS, kami merasa sangat terbantu dalam menghadapi kesulitan ini,” kata korban tersebut.

Dalam aksi sosial bantuan banjir ini, Markarius didampingi oleh Ketua DPD PKS kabupaten Siak Soeprapto, pengurus DPD Kabupaten Siak, Ketua DPC PKS Tualang Zar’an Lubis ST dan Tokoh masyarakat Tualang Marliyus. (isa)