Jumat, Mei 24, 2024
BerandaHeadlineLintau Tiada Duanya, Ribuan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal IKLB Pekanbaru

Lintau Tiada Duanya, Ribuan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal IKLB Pekanbaru

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sangat diakui, Lintau tiada duanya dalam menjaga
persaudaraan. Terlihat ribuan orang hadir dalam acara halal bihalal Ikatan Keluarga Lintau
Buo (IKLB) IX Koto, Bulan Syawal 1445 Hijriah, di Pusat kuliner dan bermain Riau Garden,
Jalan Soebrantas, Pekanbaru, Riau, (3/5/2024) malam.

Sorak gembira terpancar dari wajah orang- orang saat berjumpa sanak saudara, karib
kerabat, mamak kamanakan, tuo mudo dan tokoh masyakat. Memang benar, acara
halal bihalal yang bertemakan ‘Perkuat Ukhuwah Islamiyah dalam Meraih Idul Fitri yang
Penuh Berkah’ sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Karena di acara ini jadi tempat bersua
dan bersilaturahmi dengan masyarakat Lintau.

Ketua IKLB Pekanbaru Parisman Ihwan tidak bisa mengungkapkan rasa bahagianya dengan
kata – kata. Karena hingga kini masyarakat Lintau tetap menjaga rasa persaudaraan dan
menjalin silaturahmi dengan baik.

“Kita berharap masyarakat Lintau tetap menjaga kekuatan persaudaraan. Kita harus tetap
jaga kekompakan dimana saja berada. Sehingga yang berat bisa jadi ringan, yang jauh menjadi dekat dan yang kusut dapat diselesaikan secara bersama – sama,” kata Parisman dengan senyum gembira.

Malam ini pandangan begitu sejuk, Bundo Kanduang memakai baju kurung, takuluak, salendang, ikat pinggang, gelang dan cincin. Pakaian ini melambangkan seorang perempuan minang yang berperan sebagai penjaga rumah, mendidik dan menyayangi anak, menjaga harta pusaka, menjaga marwah dan kebesaran kaum.

Kemudian laki – laki berpakaian baju kemeja putih, memakai peci hitam, sarung corak bugih dan celana warna gelap. Pakaian ini melambangkan, kewibawaan seorang putra minang nan menjaga persaudaraan dan keluarga, berpikiran lapang, serta taat kepada sang penguasa, yaitu Allah SWT.

Pada kesempatan baik ini, Parisman juga menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada
masyarakat Lintau. Karena sudah mendukung Calon Legislatif (Caleg) asal Lintau di Pemilu
2024. Alhasil dari beberapa orang calon yang diusung, dirinya kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Riau periode 2024-2029.

Pemilihan ini tidak lepas dari peran dan pengaruh masyarakat Lintau. Di Pemilu Oktober besok, mari bersama – sama tetap mendukung orang Lintau untuk menjabat sebagai kepala daerah. Karena semakin banyak orang Lintau menjadi pejabat, maka dapat mengharumkan nama daerah dan melancarkan segala urusan.

“Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Lintau yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai wakil rakyat untuk lima tahun kedepan,” ucap Parisman dengan penuh kharismatik.

Parisman Ihwan, Bupati Tanah Datar, Walinagari dan masyarakat Lintau.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengakui, orang Lintau itu banyak yang hebat – hebat. Meski sibuk bekerja, namun tidak melupakan rasa persaudaraan dan kampung halaman. Bisa dilihat, ribuan masyarakat Lintau sengaja meluangkan waktunya agar dapat berkumpul di acara halal bihalal ini. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk bersilaturah dengan orang – orang terdekat.

Meski demikian, Eka Putra tidak datang sendirian. Namun hadir bersama Mantan Bupati
Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe, yang saat ini terpilih menjadi Anggota DPR RI Dapil Sumbar. Walinagari IX Koto, Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai.

“Memang benar, demi menjaga persaudaraan, yang jauh bisa jadi dekat. Saat ini kami hadir dari Lintau. Kami hadir bersama sembilan orang walinagari beserta rombongan masing – masing. Anggota DPR RI Dapil dan pejabat Pemkab Tanah Datar,” kata Eka Putra didamping Istrinya.

Dalam momen bahagia ini, Eka Putra menyampaikan kepada masyarakat perantauan, bahwa, jalan lintas di Lintau yang selama ini berukuran kecil, kini sedang dalam tahap pengerjaan pelebaran dan pengaspalan. Panjangnya mulai dari Jalan Setangkai sampai ke Halaban, perbatasan antara Kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Anggaran jalan bersumber langsung dari Bantuan Presiden RI Joko Widodo, dengan nilai sebesar Rp130 miliar. Dalam tahun ini, pengerjaan jalan akan selesai di kerjakan.

Eka Putra bercerita, bantuan ini didapatkan saat pemberian penghargaan Tanah Datar
sebagai kabupaten dengan pengendalian inflasi daerah terbaik di wilayah Sumatera. Sehingga dapat menjaga ketahanan pangan untuk masyarakat baik didalam maupun diluar daerah.

Pada kesempatan pemberian penghargaan itu, ia langsung meminta bantuan untuk
pembangunan infrastruktur jalan. Alhamdulillan permintaan itu langsung dikabulkan Presiden
RI.

“Jadi saat kita pulang kampung, jalan sudah bagus dan licin. Besok sering – sering lah pulang kampung, karena kita terus membangun daerah kita di Tanah Datar dengan sebaik mungkin. Supaya masyarakatnya makmur dan sentosa,” kata Eka Putra dengan senyum penuh wibawa.

Acara halal bihalal juga dihadiri oleh Pj Walikota Pekanbaru diwakili Staf Ahli Mahyudin.
Kemudian perwakilan IKLB kabupaten/kota, Ikatan Keluarga (IKA) Sulit Air Sepakat (SAS) dan perkumpulan daerah minang lainnya di Pekanbaru. Diakhir acara dimeriahkan dengan acara dendang KIM dengan puluhan hadiah menarik untuk masyarakat yang hadir. (alin)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer