Rabu, Juni 19, 2024
BerandaHeadlineKenduri Riau Masuk Kharisma Event Nusantara 3 Tahun Berturut-turut

Kenduri Riau Masuk Kharisma Event Nusantara 3 Tahun Berturut-turut

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sepanjang tiga tahun berturut-turut Kenduri Riau menjadi satu di antara 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Helat ini akan kembali hadir di Pekanbaru, Riau, pada 12-16 September 2024.

Kenduri Riau menampilkan beragam seni pertunjukan budaya, bazar, hingga tempat berkumpul komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif. Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Biasanya digelar bersamaan dengan acara pemilihan Bujang Dara Riau.

“Tahun ini di KEN 2024 menetapkan 6 event dari Riau, yaitu Kenduri Riau, Festival Rupat, Riau Global Musik Festival, Festival Pacu Jalur, Bakar Tongkang, dan Festival siak Bermadah. Untuk Festival Pacu Jalur masuk Top 10 dalam KEN 2024. Kalau Kenduri Riau telah tiga tahun berturut-turut lolos KEN,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Sabtu (27/01/2024).

Dijelaskan dia Kenduri Riau merupakan wadah sebagai puncak capaian prestasi pariwisata dan industri ekonomi kreatif. Event ini mampu membangkitkan geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kreatifitas anak muda di Riau.

“Apalagi Riau terkenal dengan alam dan budayanya. Khususnya, budaya melayu yang ditata dengan apik dan perpaduan antara kearifan lokal dan kesenian internasional,” ucapnya.

Kenduri Riau adalah cermin dari gairah dan bukan sekadar barometer dari perkembangan pariwisata serta ekonomi kreatif. Namun, juga sekaligus merayakan prinsip pengembangan, memuliakan adat, mengakar pada budaya, dan mengutuhkan konsep berkelanjutan

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau akan terus tumbuh tanpa kehilangan akarnya, pariwisata yang menguat pada budaya dan bukan sebaliknya,” tandas Roni.

Berikut jadwal dan lokasi Kharisma Event Nusantara di Riau  tahun 2024:

1. Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (20-22 Juni 2024).

2. Riau Global Musik Festival digelar di Hutan Kota, Jalan Thamrin, Pekanbaru (24-30 Juni 2024)

3. Festival Pacu Jalur Tradisional di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (21-25 Agustus 2024).

4. Kenduri Riau di Pekanbaru (12-16 September 2024)

5. Festival Rupat & Running 10 K di Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis (26-29 September 2024).

6. Festival Siak Bermadah di Kabupaten Siak (9-12 Oktober 2024).(mcr/sony)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer