Rabu, Juni 19, 2024
BerandaIndeksHukrimDitlantas Polda Riau Tindak 25.089 Pelanggaran Selama Operasi Zebra LK 2023

Ditlantas Polda Riau Tindak 25.089 Pelanggaran Selama Operasi Zebra LK 2023

Pekanbaru (Nadariau.com) – Selama Operasi Zebra Lancang Kuning (LK) 2023, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau, telah melakukan penindakan sebanyak 25.089 pelanggaran.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan saat dikonfirmasi wartawan melalui Kabag Binops, Kompol Irnanda Oktora mengatakan, selama operasi zebra pelanggaran berupa teguran sebanyak 18.510 dan ETLE, E-Tilang maupun ETLE Mobile sebanyak 6.579 dengan total penindakan sebanyak 25.089 pelanggaran.

“Sebagian besar pelanggaran didominasi pengendara yang tidak memakai helm SNI yaitu sebanyak 4.104 pelanggaran, tidak mengenakan safety belt sebayak 492 pelanggaran serta melawan arus 432 pelanggaran. Untuk penegakan hukum hanya melalui ETLE, E-Tilang serta ETLE Mobile untuk pelanggaran yang menyebabkan fatalitas kecelakaaan dan kasat mata,” kata Kompol Irnanda, Senin (18/09/2023).

Sementara, untuk data kecelakaan selama Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, tercatat ada 9 kejadian kecelakaan lalu lintas.

“Alami penurunan dari tahun lalu, ada 9 kejadian laka lantas selama Operasi Zebra tahun 2023 ini, dimana tahun 2022 lalu terdapat 11 kejadian kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Hasil tersebut, kata Kompol Irnanda didapatkan sejak operasi Zebra Lancang Kuning dilakukan pada tanggal 4 hingga 7 September 2023 kemarin.

Karena itu, untuk menekan angka pelanggaran pihaknya dan jajaran akan terus melakukan penegakan hukum agar tercipta budaya tertib berlalulintas.

“Tujuan operasi ini agar mobilitas pengguna jalan lancar, aturan penindakan juga untuk meminimalisasi potensi terjadinya kecelakaan yakni operasi yang difokuskan pada pelanggaran tidak menggunakan helm dan safety belt,” jelas Irnanda.

Walaupun operasi zebra Lancang Kuning telah berakhir, patroli demi penegakan aturan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di jalan raya akan terus diintensifkan.

“Kami mengimbau masyarakat Riau agar selalu mematuhi aturan lalu lintas, dengan kesadaran pentingnya keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan. Selalu patuhi rambu-rambu, menggunakan safety belt, gunakan helm SNl, dan jangan gunakan knalpot tidak standar (brong),” katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Operasi  Zebra Lancang Kuning 2023 yang diselenggarakan Direktorat LaLu Lintas Polda Riau dan seluruh jajaran selama 14 hari dan berakhir pada, Minggu (17/09/2023) kemaren.

Dimana, dalam Ops Zebra LK 2023 ini jumlah kegiatan Preemtif & Preventif secara umum meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini berdampak angka kecelakaan lalu lintas  menurun dibanding tahun 2022 lalu.(sony)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer