Jumat, Mei 24, 2024
BerandaHeadlineSiapkan Pemilu Berkualitas, APD Pelalawan Hadir Jadi Solusi Berpolitik Cerdas

Siapkan Pemilu Berkualitas, APD Pelalawan Hadir Jadi Solusi Berpolitik Cerdas

PELALAWAN (Nadariau) –  Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) pusat memberikan mandat kepada Bustami SPd, MPd yang merupakan Anggota Bawaslu Kabupaten Pelalawan periode 2018-2023 sebagai koordinator daerah Kabupaten Pelalawan.

Penunjukan Bustami sebagai mentor politik APD di Kabupaten Pelalawan berdasarkan surat keputusan bernomor TM.APD/633/ADM/VIII/2023 yang ditandatangani langsung oleh Direktur APD pusat Masykurdin Hafidz tertanggal  28 Agustus 2023.

Kedepannya, Bustami diberikan amanat untuk meningkatkan kapasitas,  , pengetahuan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan, pengawasan, pemantauan, dan kontestasi dalam proses demokrasi dan pemilu di Kabupaten Pelalawan.

“Keberadaan Akademi Pemilu dan Demokrasi atau APD ii berfokus kepada peningkatan kualitas demokrasi dan pemilu di Indonesia. Setiap daerah ada perwakilan APD. Dan di Kabupaten Pelalawan mandat itu diberikan ke saya,” terang Bustami S.Pd M.Pd. Rabu (6/9/2023).

APD hadir menjadi solusi dari pendidikan politik dalam kontestasi Pemilu 2024. Yang siap berkontribusi dalam mempersiapkan calon calon politisi mumpuni yang nantinya akan bertarung memperebutkan simpati masyarakat lewat kontestasi demokrasi yang tidak lama lagi akan di helat di negeri ini.

“Kita siap memberikan training atau pelatihan bagi partai politik maupun calon legislator  terkait strategi kampanye, manajemen saksi, komunikasi publik, dan hal hal lain terkait kepemiluan yang diharapkan dapat berdampak kepada perolehan suara,” terangnya

Selain itu, APD juga siap memberikan bantuan hukum dan asistensi profesional untuk partai politik dan calon dalam proses laporan pelanggaran pemilu. Penanganan kasus melalui koordinator daerah akan dipandu oleh para pakar Hukum Pemilu.

“Ada pakar pakar hukum dan akademisi handal di bidangnya yang tergabung di dalam APD ini, seperti pak Abhan, pak Fritz Edward Siregar, pak Khairul Fahmi, pak Ahsanul Minan dan Pak Nur Hidayat Sardini. Mereka ini orang orang yang berkompeten dibidangnya,” imbuhnya

Untuk memberikan gambaran peta politik yang akan dihadapi oleh parpol dan caleg saat pemilu nanti. APD dapat memberikan bantuan untuk melakukan survei lapangan, melakukan pemetaan pemilih dan penyusunan strategi kampanye dan melakukan analisis data.

Selain itu, APD juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan politik dan kepemiluan untuk perempuan, pemilih pemula, masyarakat lintas agama, buruh, narapidana, dan seluruh segmen masyarakat lainnya.

“Kami berharap agar pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pelalawan berjalan secara demokratis, luber, jurdil, dan kondusif,” tutur Bustami seraya menyebutkan Untuk kerjasama lebih lanjut, APD Kabupaten Pelalawan dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 082211905191 (Liaz)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer