Kerja Cerdas

Kerja merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk melalukan sesuatu agar setiap hasrat atau keinginan yang orang tersebut inginkan terpenuhi. Setiap orang perlu bekerja karena setiap pekerjaan akan membuat kita salah satunya adalah mendapat uang atau imbalan dari hasil pekerjaan tersebut. Hidup diatas dunia perlu bekerja, karena dengan bekerja membuat kita akan memenuhi kebutuhan kita. Salah satu alasan orang untuk bekerja adalah uang. Dengan bekerja kita akan mendapatkan uang yang akan kita gunakan untuk kebutuhan hidup kita.

Cerdas adalah salah satu cara untuk bepikir sempurna, maksudnya adalah pemikiran dengan tajam serta kritis terhadap suatu hal. Bisa juga bepikir dengan memanfaatkan peluang yang ada walaupun peluang tersebut sangat kecil. Setiap orang sebenarnya cerdas, tetapi orang tidak mengetahui bahwa dia cerdas dalam bidang apa. Bakat yang ada dalam dirinya belum dia temukan hingga saat ini. Orang biasanya berpikiran bahwa dia itu hebat dan lain sebagainya. Tetapi hal ini yang membuat seseorang ibarat kata sudah kalah sebelum berperang, maksudnya sudah pesimis sebelum melakukan sesuatu.

Dari kedua kata tersebut antara kerja dan cerdas tentu dapat dihubungkan. Karena bekerja dengan cerdas adalah salat hal yang baik untuk dilakuan. Intinya dari setiap pekerjaan itu adalah pemikiran, karena setiap bekerja tentu diperlukan pemikiran yang baik dan cerdas agar peluang di dalam pekerjaan itu akan dapat terealisasikan dengan baik. Pemikiran yang tajam akan membuat pekerjaan kita akan lebih ringan untuk dilakuan, daripada membuanh tenaga lebih baik kita pikirkan bagaiamana kita memanfaatkan waktu yang digunakan untuk bekerja akan lebih efisien. Pemanfaatan tersebut yang dinamakan dengan bekerja secara cerdas. Walaupun pekerjaan kita tersebut tidak sesuai dengan alur yang telah ditetapkan.

Contoh dari bekerja secara cerdas adalah kita kita bekerja di sebuah kantor sebagai administrasi. Hal ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk bekerja, makanya dari hal itu kita bisa memanfaatkan peluang di sela-sela pekerjaan kita belum selesai. Kita akan berhadapan dengan waktu yang lebih banyak, bisa dikatakan lembur, pekerjaan kita banyak. Maka kita harus mulai dari pagi untuk mengejar deadline pekerjaan kita agar kita nanti malam tidak lembur. Kita bisa memikirkan cara yang tepat agar pekerjaan kita tersebut akan selesai sebelum malam. Misalnya kita bekerja dengan dua komputer misalnya agar lebih cepat selesai.

Makanya diperlukan kecerdasan dalam diri kita untuk memanfaatkan waktu dalam bekerja. Karena tiang utama dari kerja cerdas adalah kerajinan yang ada dalam diri kita. Kita perlu menanamkan sifat yang rajin agar semua yang kita inginkan dan pekerjaan kita selesai lebih cepat. Banyak orang yang ingin kerja cerdas tetapi malas, karena kerja cerdas diperlukan pemikiran-pemikiran yang aneh untuk melangsungkan pekerjaan. Pemikiran aneh agar diri kita terlatih untuk terus bekerja cerdas setiap hari.

Tujuan dari kerja cerdas ini sebenarnya adalah untuk diri kita sendiri juga. Orang yang bekerja cerdas akan mengalahkan orang yang bekerja sesuai alurnya. Satu lagi yang akan menjadi pertimbangan dalam dunia pekerjaan adalah, berpandai-pandai dengan bos kita. Hal ini yang paling diperlukan ketika kita ingin bebas. Salah satu sistem kerja cerdas adalah berpandai-pandai dengan bos tersebut. Jangan pernah kita tidak menuruti bos tersebut apalagi kita lawan. Karena ketika seseorang sudah didapatkan hatinya maka kebebesan akan muncul ketika kita bekerja.

Semua orang ingin bekerja dengan bebas, makanya cara yang baik adalah cerdas, kita pikirkan celah agar kita bekerja tidak terikat penuh dalam pekerjaan tersebut. Jangan juga ketika awal bekerja kita sudah menampakan kesan yang buruk karena untuk mencapai kebebasan yang kita inginkan akan sulit terlaksana. Ikuti saja alurnya, sebelum kita mendapatkan apa yang akan kita inginkan. Kita adalah makhluk yang bepikir, maka kita pikirkan apa yang akan menimpa kita dan memanfaatkan sedikit saja pelukan agar kita dapat masuk utnuk dunia kebebasan kita dalam bekerja.

Untuk itu kita perlu cerdas dalam dunia pekerjaan, baik itu waktu maupun hal lainnya. Makanya ketika kita sudah mendapatkan apa yang kita inginkan tetap pertahankan karena orang yang bekerja dengan cerdas akan mengalahkan orang yang bekerja sesuai alurnya. Makanya kita perlu memikirkan bahwa setiap apa yang akan menjadi celah agar kita dapat mencapai apa yang kita inginkan. Kecerdasan dan kerajinan akan membuat diri kita akan lebih dianggap oleh orang lain. Bekerja dengan berpikir adalah cara yang penting karena kecerdasan berasal dari pikiran kita.

Penulis Adalah Abdul Jamil Al Rasyid Lahir di Padang Pariaman, Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas, Anggota Lembaga Mahasiswa Jurusan (LMJ) Sastra Minangkabau.

Penulis Pernah Menerbitkan Tulisan di Berbagai Media 34 Provinsi Indonesia, Penulis Sekarang Berdomisili di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Santri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Nurul Ikhlas Patamuan Tandikek.

 82 total views