UIR Terima dari LLDIKTI SK Pembukaan Program Studi Magister Akuntansi

Pekanbaru (Nadariau.com) – Universitas Islam Riau (UIR) resmi menerima Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi tentang izin Program studi Magister Akuntansi.

Surat keputusan ini diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Afdalisma, S.H., M.Pd kepada Rektor UIR yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr H Syafhendry MSi di Ruang Sidang Gedung LLDIKTI X Padang Sumatera Barat, pada Jumat (25/11/2022).

Dalam Surat Keputusan Nomor 838/EO/2022 yang terbit pada 16 November 2022 menyebutkan bahwa Universitas Islam Riau yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau mendapatkan izin untuk membuka program studi magister akuntansi.

Pada penyerahan Surat Keputusan tersebut dihadiri oleh pimpinan serta perwakilan dari UIR diantaranya Dekan FEB Dr Hj Eva Sundari SE MM CRBC, Wakil Direktur I Pascasarjana Dr H Efendi Ibnususilo SH MH, WD III FEB Dr H Zulhelmy SE MSi AK CA ACPA.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Eva Sundari ketika dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa proses pengurusan administrasi hingga pengajuan permohonan cukup terbilang singkat. Dan merupakan suatu kabar yang menggembirakan bagi UIR serta tidak lepas dari dukungan berbagai pihak.

“Alhamdulillah dengan kerja keras kita bersama dengan tim juga di dukung oleh pihak yayasan maupun Rektorat UIR, serta melalui proses yang hanya berjalan tiga bulan kita sudah bisa mendapatkan surat keputusan untuk dipercaya membuka prodi magister akuntansi, ini tentu suatu kabar yang menggembirakan melihat dari syarat-syarat untuk terpenuhi pun sudah sangat cukup,” ujar Eva.

Eva juga mengungkapkan bahwa latar belakang dari didirikannya Prodi Magister Akuntansi ialah menjawab pertanyaan masyarakat terutama alumni S1 Akuntansi yang ingin melanjutkan pendidikan S2 mereka di UIR kembali.

“Berdasarkan beberapa syarat dibuka nya suatu prodi magister salah satunya seperti rasio pengajar yang guru besar maupun dosen lulusan doktoralnya yang harus terpenuhi dan dapat mengakomodir pengajaran dan pembelajaran maka SDM yang UIR miliki saat ini sudah sangat cukup, ditambah dengan pertanyaan dari para alumni S1 akuntansi kita yang banyak bertanya kapan di UIR dibuka program magisternya maka semakin membulatkan tekad untuk membuka prodi ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya mengenai harapan setelah terbitnya surat keputusan tersebut Eva berharap semoga pada penerimaan mahasiswa baru di tahun depan dapat berjalan lancar. Animo masyarakat untuk berkuliah di UIR semakin tinggi karena sudah banyaknya pilihan prodi yang tersedia, serta dapat memenuhi kebutuhan industri akan SDM yang terampil dalam bidang Akuntansi.

Dengan dibukanya program magister akuntansi maka saat ini PPS UIR telah memiliki delapan prodi. Diantaranya Magister Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi, Manajemen Agribisnis Ilmu Pemerintahan, Teknik Sipil, Agronomi, Manajemen, Akuntansi serta program Doktor Ilmu Hukum. Dalam beberapa waktu yg akan datang UIR akan segera membuka Program Pascasarjana lainnya. (alin)

 63 total views