Penerbangan Internasional Dibuka, Diskes Pekanbaru Buka Layanan Vaksin Bandara

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

 

Pekanbaru (Nadariau.com) – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru membuka layanan vaksinasi di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berpergian ke dalam maupun luar negeri melalui jalur udara.

Pasalnya saat ini pemerintah sudah membuka kembali penerbangan luar negeri atau internasional. Vaksinasi dosis tiga atau booster salah satu menjadi syarat penerbangan.

“Memang untuk informasi (vaksin) booster ini diperlukan untuk memasuki tempat-tempat tertentu, termasuk untuk perjalanan dalam maupun luar negeri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (07/07/2022).

Menurutnya, aturan vaksinasi booster menjadi salah satu syarat perjalanan baik darat, udara dan laut. Namun, ia mengaku belum menerima langsung surat edaran resmi dari pemerintah pusat.

Pihaknya mengantisipasi itu dengan membuka layanan vaksinasi di Bandara SSK II Pekanbaru. Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dan belum booster bisa langsung melakukan vaksin di lokasi Bandara.

Masyarakat tidak lagi membutuhkan waktu lama dan harus mencari lokasi vaksin ke fasilitas kesehatan. Ada 100 dosis vaksin yang disiapkan setiap harinya.

“Mulai hari ini menyiapkan fasilitas vaksin di bandara untuk masyarakat yang ingin booster. Untuk tahap awal ada 100 dosis,” terangnya.

Selain di Bandara SSK II Pekanbaru, pihaknya juga menyediakan vaksinasi di Rumah Sakit pemerintah dan Puskesmas. Zaini tak menampik saat ini capaian vaksinasi booster di Pekanbaru masih rendah. Hingga saat ini baru sekitar 28 persen dari target yang sudah jalani booster.

Salah satu kendala yang ditemukan tim di lapangan karena masyarakat yang enggan akibat dari pelonggaran kegiatan masyarakat saat ini.

“Apalagi satu minggu belakangan ini kasus (positif covid-19) kan nihil. Jadi masyarakat berpikir pandemi ini sudah selesai, padahal kan berakhir,” ulasnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Kemudian bagi masyarakat yang belum vaksin lengkap agar segera suntik vaksin ke lokasi yang disiapkan.(sony)

 38 total views