Diduga Kongkalikong, Jipikor Desak PUPR Batalkan Pemenang Proyek Talukkuantan – Cerenti

Kuansing (Nadariau.com) – Jaringan Investigasi Pemberantasan Korupsi (Jipikor) mendesak Dinas PUPR Riau untuk membatalkan pemenang proyek Jalan Talukkuantan – Cerenti. Karena diduga telah terjadi kongkalikong antara oknum PUPR Riau dengan perusahaan dalam hal pemenang proyek yaitu PT AMS.

“Sebab perusahaan pemenang diduga tidak memiliki tenaga ahli saat proses lelang proyek tersebut. Namun perusahaan itu mencatut tenaga ahli dari perusahaan lain,”ujar Ketua Jipikor Tri Yusteng Putra, Selasa (21/6/2022).

Jipikor melihat, dari awal sudah terjadi keteledoran dari Pokja dan PUPR terkait kelengkapan administrasi oleh PT AMS sebagai pemenang proyek tersebut. Saat ini ada surat pernyataan tenaga ahli atas nama Yoppi Marsoit yang menyatakan mundur dari perusahan Alghani Lakeisha Abadi (PT ALA) dan telah bekerja di PT AMS pada tanggal 9 Mei 2022.

Maka yang menjadi pertanyaan, kenapa PT AMS ini tetap jadi pemenang meskipun diduga cacat administrasi. Kemudian saat masa sanggah juga telah di sanggah tapi Pokja dan PUPR tetap mempertahankan PT AMS ini sebagai pemenang. Sehingga kami menduga kalau proyek ini telah dikondisikan untuk dimenangkan PT AMS

“Jika perusaan pemenang ini tetap dipertahankan, maka kami akan laporkan kepada inspektorat Riau. Supaya PUPR Riau segera membatalkan proyek tersebut dikerjakan PT AMS,” ujar Yusteng.

“Selanjutnya, Kejati Riau diminta untuk mengusut pidana terkait kongkalikong pengkondisian proyek tersebut,” sambung Yusteng.

Sementara saat di konfirmasi melalui WhatasApp terkait tenaga ahli fiktif, pimpinan PT AMS, Mico mengaku bahwa atas nama Yoppy Marsoit sudah klarifikasi langsung kehadapan Kabid PUPR, sekalian membawa surat pernyataan beliau.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan tanya kepada pihak PUPR Riau. Namun saat disinggung terkait pernyataan Yoppi Marsoit yang mencabut pernyataan menyatakan bekerja di PT AMS sesudah proses lelang? Hingga saat ini, Mico belum ada memberikan jawaban.

Sementara, saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Riau Ali Subagio melalui pesan WhatsApp terkait pernyataan tenaga ahli Yoppi Marsoit sebagai tenaga ahli perusahaan lain menyarankan, agar media langsung saja berjumpa dengan yang bersangkutan.

“Sehingga bisa langsung clear,” jawab Ali secara singkat. (olo).